PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNGTIMUR

FIFI, KHOIRUNNISA (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNGTIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI fifi khoirunnisa fix sidang.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR Oleh Fifi Khoirunnisa Bimbingan belajar merupakan proses pemberian bantuan kepada peserta didik dengan tujuan untuk membantu peserta didik dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang dunia pendidikan maupun permasalahan yang ada didalamnya, sehingga peserta didik diharapkan mampu bertanggung jawab dalam mengambil keputusan dan memahami tentang duni belajar dengan tepat dan benar. Akan tetapi kenyataan yang terjadi di SMPN 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur terdapat peserta didik pada kelas VIII.8 yang memiliki permasalahan dalam belajar salah satu masalahnya yaitu tentang motivasi belajar yang rendah, oleh karena itu penulis mencoba memberikan layanan bimbingan belajar dengan teknik modelling kepada peserta didik kelas, agar peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar dengan teknik modellinguntuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest – Postest Design dengan teknik purposive sampling.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner atau angket tentang motivasi belajar. Hasil perhitungan penelitian ini menunjukkan hipotesis Ha diterima dengan nilai sign (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 dimana secara menyeluruh penelitian tentang tingkat motivasi belajar peserta didik pada kelas VIII.8 SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur dapat ditingkatkan dengan melihat data perbandingan antara skor nilai hasil pre-test sebesar 1.177 dengan rata-rata 39,23 dan setelah diberikan perlakuan maka dilakukan post-test dan diperoleh hasil skor nilai sebesar 2.374 dengan rata-rata 79,13. Data di analisi menggunakan uji wilcoxon signed rank sehingga didapatkan nilai Z sebesar -4.789b maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar dengan teknik modelling berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Teknik Modelling, Motivasi Belajar.ABSTRACT Tutoring was a process of providing assistance to students with the aim of helping students gain a good understanding. about the world of education and the problems that exist in it, so that students were expected to be able to take responsibility in making decisions and understand the world of learning correctly and correctly. However, in reality that happened at SMPN 1 Bandar Snbhawono, East Lampung, there were students in class VIII 8 who had problems in learning, one of the problems was low learning motivation, there fore the author tried to provide tutoring services with modeling techniques to class students. VIII 8 SMPN 1 Bandar Sribhawono, so students can solve these problems. The purpose of this study was to describe the learning motivation of students and to determine the effect of tutoring services using modeling techniques to increase the learning motivation of students in class VIII 8 SMP Negen 1 Bandar Sribhawono, East Lampung. The method used in this study was a pre- experimental study with a One Group Pretest Posttest Design with a purposive sampling technique. The sample in this study consisted of 30 students in class VIII 8 SMP Negeri 1 Bandar Sribhawono, East Lampung, who had low learning motivation. The data collection technique used in this research was a questionnaire or questionnaire about learning motivation The calculation results of this study show that the Ha hypothesis was accepted with a sign value (2- tailed) of 0.000 where the value was less than 0.05 where as a whole the research on the level of student learning motivation in class VIIIS SMP Negeri 1 Bandar Snbhawono East Lampung can be increased by looking at the comparative data between the score of the pre- test results of 1,177 with an average of 39.23 and after being given treatment, a post- test was carried out and the results obtained were a score of 2,374 with an average of 79 13. Data were analyzed using the Wilcoxon signed rank test so that a Z value of -4,789 is obtained, it can be concluded that tutoring services with modeling techniques have an effect on increasing student learning motivation at SMPN 1 Bandar Sribhawono, East Lampung Keywords: Tutoring. Modeling Technique. Motivation to Learnn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 07:38
Last Modified: 31 May 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28400

Actions (login required)

View Item View Item