PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI PERMAINAN MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG

MUHAMAD, DERY WIDYASTOMO (2023) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI PERMAINAN MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN KONSELING KELOMPOK MELALUI PERMAINAN MUSIK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG Oleh MUHAMAD DERY WIDYASTOMO Layanan bimbingan konseling kelompok adalah suatu langkah untuk membantu individu secara pribadi ataupun kelompok dalam menyelesaikan masalah klien atau peserta didik yang mencakup hubungan secara individual maupun kelompok. Percaya diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan. Peserta didik yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta memiliki pengharapan yang realistis, bahkan ketika harapan mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif dan dapat menerimanya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Menurut Jhon W. Creswell, penelitian kualitatif tersebut merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna�makna yang diperoleh dari sejumlah individu atau kelompok yang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Proses penelitian kualitatif tersebut melibatkan upaya-upaya penting, seperti mengajukan pertanyaan yangspesifik, mengumpulkan data spesifik dari para partisipan menganalisis data secarainduktif dari tema-tema yang khusus hingga ke tema-tema yang umum, dan menafsirkanmakna data. Hasil penelitian Untuk pengujian dalam kegiatan penelitian ini, penulis menggunakan hasil wawancara serta obeservasi disekolah yang merupakan salah satu dari analisis penelitian. Pengujian dua berpasangan prinsipnya menguji apakah dua sampel berpasangan satu dengan yang lainnya berasal dari populasi yang sama. Dalam penelitian ini menguji sampel diberikan Perlakuan berupa Bimbingan Belajar. Sebelum diberikan Bimbingan kelompok sampel tersebut diberikan pembelajaran yang diberikan oleh Guru Bimbingan Konseling untuk melaksanakan layanan Bimbingan Kelompok mengenai kepercayaan diri dilakukannya disekolah untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah diberikannya treatment atau sutau pembelajaran disekolah. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling kelompok meningkatkan kepercayaan Diri melalui permainan musik terhadap peserta didik disekolah sehingga pembelajran disekolah meningkat. Wawancara yang digunkaan melalaui wawancara guru Bimbingan dan Konseling disekolah menambah membantu penelitian ini untuk menambah informasi mengenai kepercayaan diri sehingga penulis mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok disekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kata Kunci : Bimbingan Konseling Kelompok, Kepercayaan diri, Permainan Musik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 May 2023 04:19
Last Modified: 31 May 2023 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item View Item