EFEKTIVITAS APLIKASI E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA MASA ENDEMI COVID -19 DI KELAS X SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

M, SYAIFUDIN (2023) EFEKTIVITAS APLIKASI E-LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA MASA ENDEMI COVID -19 DI KELAS X SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul : Efektivitas Aplikasi E-Learning Dalam Proses Pembelajaran PAI Pada Masa Endemi Covid-19 Di Kelas X DI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai Penerapan serta Ke Efektivitasan dari Aplikasi E-Learning pada kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dari penggunaan aplikasi E-Learning dalam pembelajaran PAI di kelaS X , bagaimana keefektivitasan dari aplikasi E�Learning dalam pembelajaran PAI dikelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Adapu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dari aplikasi E-Learning di mata pelajaran PAI di kelas X , dan untuk mengetahui keefektivitasan dari aplikasi E-Learning dalam pembelajaran PAI di kelas X di SMA Neger 15 Bandar Lampung.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, dan Peserta didik kelas X. Data Kualitatif didapat dari hasil dokumentasi seperti data jumlah guru, peserta didik, serta sarana prasarana. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer, yakni kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas X. Data sekunder, yakni dokumentasi dan literature. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru PAI kelas X, DAN 10 peserta didik kelas X. Pengumpulan data dengan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dengan mereduksi data, penyajian data ( Data Display), kemudian memverifikasi data (conclusing drawing). Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat di simpulkan bahwa penerapan serta keefektivitasan dari pembelajaaran menggunakan aplikasi E-Learning yang dilakukan oleh SMA Negeri 15 Bandar Lampung Yakni (1) guru dalam pembelajarannya dengan menggunakan media/splikasi E-Learning sekolah,WhatsApp, Google ClassRoom (GCR) dan Youtube saat melaksanakan pembelajaran berlangsung. (2) keefektivitasan pembelajaran dalam penerapan penggunaan aplikasi e-learning di Pelajaran PAI. (3) pembelajaran yang dilakukan selama pandemi mengakibatkan kedekatan guru dengan orang tua yang baik karena bisa memantau anak dengan baik. Terdapat langkah persiapan dalam penerapan aplikasi e-learning seperti dalam pembuka pembelajaran, penyampaian materi dan juga penutup dalam pembelajaran dan ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran berlngsung dari sektor guru,murid,guru dan orang tua yang harus saling mendukung satu sama lain sehingga tercipta pembelajaran yang baik. Kata kunci : Penerapan pembelajaran E-Learning dan ke efektivitasan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 08:16
Last Modified: 12 Jun 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28383

Actions (login required)

View Item View Item