DAMPAK PERUSAKAN HUTAN HUTAN OLEEH MASYARAKAT DUSUN KENITU PESAGI JAYA DIZONA HUTAN LINDUNG GUNUNG PESAGI DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dusun Kenitu Pesagi Jaya Lampung Barat)

SATRIYO, WINARTO (2023) DAMPAK PERUSAKAN HUTAN HUTAN OLEEH MASYARAKAT DUSUN KENITU PESAGI JAYA DIZONA HUTAN LINDUNG GUNUNG PESAGI DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dusun Kenitu Pesagi Jaya Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skrisi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skrisi SATRIYO WINARTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Gunung Pesagi merupakan salah satu gunung tertinggi di Provinsi Lampung yang terletak di Kabupaten Lampung Barat yang memimiliki ketinggian 3.221 MDPL Gunung Pesagi berbatasan langsung dengan Dusun Kenitu Pesagi Jaya, Dusun Wai Napal dan Dusun Barnasi. Perlindungan Hutan adalah suatu tindakan untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan dan hasil hutan oleh perbuatan manusia maupun alam, yang juga di atur pada Pasal 12 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013. Lalu yang menjadi masalah disini adalah seperti yang kita ketahui bahwa setiap manusia dilarang untuk membuka lahan, membakan dan menebang pohon sembarangn di hutan kawasan tanpa perizinan pemerintah. Namun banyak sekali masyarakat yang membuka lahan di salah satu hutan kawasan yaitu Kawasan Hutan Lindung Kaki Gunung Pesagi Yang Terletak di Dusun Kenitu Pesagi Jaya Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya bukan hanya sekedar membuka lahan tetapi masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya juga menebang pohon besar secara sembarangan, akibat dari perbuatan masyarakat tersebut membuat petugas kehutanan sering kali memasuki hutan di Kaki Gunung Pesagi untuk menghentikan perbuatan masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya namu selalu gagal. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Dampak Perusakan Hutan oleh Masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya di Zona Hutan Lindung Gunung Pesagi Lampung Barat?. 2) Bagaimana perspektif Fiqh Siyasah terhadap Dampak Perusakan Hutan oleh Masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya di Zona Hutan Lindung Gunung Pesagi di Lampung Barat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui Dampak Perusakan Hutan Oleh Masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya Kabupaten Lampung Barat. 2) Untuk mengetahui perspektif Fiqh Siyasah terhadap Dampak Perusakan Hutan Oleh Masyarakat Dusun Kenitu Pesagi Jaya Kabupaten Lampung Barat. Dilihat dari jenisnya penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan langsung dari responden. Dilihat dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif yaitu suatu metode dalam penelitian suatu objek yang bertujuan membuat deskripsi (menggambarkan). Data-data yang dapat diambil sebagai rujukan untuk selanjutnya dianalisissecara sistematis untuk menunjang dalam pembahasan. 3 Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1. Lemahnya penegakan hukum terhadap masyarakat yang sudah melanggar peraturan yang hanya memberikan keringanan tanpa hukuman yang sudah ditetapkan sehingga membuat masyarakat yang membuka lahan perkebunan kopi dalam hutan kawasan tidak merasa jera dan tetap melanggar peraturan yang ada. 2. Dalam perspektif Fiqh Siyasah terhadap dampak penebangan hutan hutan secara liar oleh masyarakat dusun kenitu pesagi jaya, belum sesuai karena masyarakat yang membuka lahan perkebunan dalam hutan kawasan merupakan perbuatan yang merusak lingkungan seperti yang terkandung dalam ayat Al-Qur’an dan Hadist

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 07:01
Last Modified: 30 May 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28372

Actions (login required)

View Item View Item