STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBINAAN TAHFIZ QUR’AN DI SEKOLAH MIN 8 PANJANG BANDAR LAMPUNG

KURNIA, RAMADHANTI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBINAAN TAHFIZ QUR’AN DI SEKOLAH MIN 8 PANJANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komunikasi sangat penting bagi pembina dalam kegiatan pembinaan disekolah. Strategi komunikasi juga terjadi dalam ekstrakulikuler Tahfidz dimana hal ini strategi komunikasi melibatkan pembina dan siswa Karena, pembina orang terdekat siswa ketika disekolah untuk memberikan pembinaan terhadap siswa dalam ektrakulikuler terutama dalam proses menghafal al-qur’an . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan dalam pembinaan terhadap siswa dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pada strategi komunikasi antara pembina dan siswa dalam pembinaan Tahfidz Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Panjang Bandar Lampung. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode Pengumpulan Data wawancara, metode observasi non partisipan, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian menggunakan Teknik Snowball Sampling merupakan teknik pengambilan sample sumber data yang awal jumlahnya sedikit belum mampu memberikan data yang lengkap, maka harus mencari siswa yang dapat digunakan sebagai sumber data. Hasil dalam penelitian ini pembina dapat mengembangkan strategi komunikasi yang efektif terhadap siswa dalam pembinaan di ektrakulikuler tahfidz qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bandar Lampung karena pembina memperhatikan aspek yang digunakan pembina dalam strategi komunikasi yaitu memberikan berupa motivasi dan nasehat kepada siswa karena pembina tidak sama sekali memaksa siswa mengikuti ektrakulikuler tahfidz tetapi siswa sendiri yang ingin ikut sendiri atau melihat teman nya ada yang mengikuti ektrakulikuler tahfidz jadi mereka ikut gabung dalam kegiatan ektarkulikuler, sehingga siswa tidak merasa tegang ketika dalam mengikuti ektrakulikuler dan mendapat bimbingan oleh pembina. Bentuk pembinaan yang dilakukan guru kepada siswa dalam kegiatan ektrakulikuler tahfidz baik dalam memperbaiki bacaannya, memperbaiki hafalannya, meningkatkan kemampuan membaca al�qur’an sesuai dengan Makharijul huruf, melakukan setoran hafalan kepada pembina. Selain itu pembina memberikan hal yang sangat penting yaitu motivasi., nasehat dan dorongan kepada siswa untuk menambah hafalannya. Adapun strategi komunikasi yang terjadi di iii kegiatan tahfidz ini yaitu santri yang menyetorkan hafalannya kepada pembina jika ada siswa yang belum lancar menghafal maka siswa akan mengulang kembali hafalannya di pertemuan berikutnya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Guru, Pembinaan Tahfidz Qur’an iv ABSTRACT Communication strategies are very important for coaches in school coaching activities. The communication strategy also occurs in the Tahfidz extracurricular where this communication strategy involves the coach and students. Because the coach is the person closest to the student when he is at school to provide guidance to students in the extracurricular, especially in the process of memorizing the Koran. This study aims to determine the communication strategy used in coaching students and what are the supporting factors and inhibiting factors in the communication strategy between coaches and students in coaching Tahfidz Qur'an at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Panjang Bandar Lampung. This research method uses a qualitative method. Data Collection Methods interviews, non-participant observation methods, and documentation. The data source in the study used the Snowball Sampling Technique, which is a technique for taking samples of data sources whose initial numbers were small and unable to provide complete data, so they had to find students who could be used as data sources. The results in this study coaches can develop effective communication strategies for students in coaching in extracurricular tahfidz qur'an at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Bandar Lampung because coaches pay attention to aspects used by coaches in communication strategies, namely providing motivation and advice to students because coaches are not the same once forced students to take part in the tahfidz extracurricular but the students themselves wanted to join themselves or saw their friends take part in the tahfidz extracurricular so they joined in the extracurricular activities, so that students did not feel tense when participating in extracurriculars and received guidance from the coach. The form of coaching carried out by the teacher to students in tahfidz extracurricular activities is good in improving their reading, improving their memorization, increasing their ability to read the Koran in accordance with the Makharijul letters, making memorization deposits to the coach. In addition, the coach provides very important things, namely motivation, advice and encouragement to students to increase their memorization. As for the communication strategy that occurs in this tahfidz activity, namely v students who deposit their memorization to the coach, if there are students who are not yet fluent in memorizing, students will repeat their memorization at the next meeting. Keywords: Communication Strategy, Teachers, Tahfidz Qur'an Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 06:48
Last Modified: 30 May 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item