ZAKAT USAHA PENGGILINGAN PADI DALAM PERSEPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Desa Bumiratu, Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang)

DWI, PRIYANTI (2023) ZAKAT USAHA PENGGILINGAN PADI DALAM PERSEPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Desa Bumiratu, Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI  PRIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat merupakan rukun Islam yang ketiga dan Allah SWT mewajibkan untuk menunaikan zakat. Zakat dapat membersihkan pelakunya dari dosa dan menunjukan kebenaran imanya, adapun caranya dengan memberikan sebagian harta yang telah mencapai nishab dalam waktu satu tahun kepada orang yang berhak menerimanya. Zakat juga dapat memberikan dampak positif bagi kesejateraaan masyarakat. Dalam zakat juga terdapat zakat yang wajib dizakati yaitu zakat perniagaan. Zakat usaha penggilingan padi yang ada di Desa Bumiratu merupakan termasuk kedalam zakat perniagaan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa, pelaksanaan zakat perniagaan oleh pengusaha penggilingan padi di Desa Bumiratu ini belum semua melaksanakan zakat perniagaannya. Serta juga sudah ada yang mengeluarkan kewajiban zakatnya namun belum sesuai dengan syariat yang ada. Bahwa untuk perhitungan setiap usaha perniagaan wajib zakat dihitung dari penghasilan bersihnya mencapai senilai 85 gram emas, maka wajib zakat dikeluarkan 2,5% pada satu satu tahun. Rendahnya realisasi zakat perniagaan dikalangan Masyarakat di sebabkan Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan zakat perniagaan di lingkungan Desa Bumiratu ini belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Praktik zakat usaha penggilingan padi di Desa Bumiratu dan Zakat usaha penggilingan padi dalam persepektif Hukum Ekonomi Syariah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui praktik zakat usaha penggilingan padi di Desa Bumiratu dan untuk mengetahui zakat usaha penggilingan padi dalam persepektif Hukum Ekonomi Syariah. Adapun metode penelitian merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa zakat usaha penggilingan padi di Desa Bumiratu ini termasuk Zakat perniagaan. Para pelaku usaha penggilingan padi di Desa Bumiratu melakukan iii zakatnya hanya sesuai ketentuan masing-masing, tanpa adanya perhitungan yang benar. Jika dilihat dari pengahsilan pertahunnya bisa mencapai kurang lebih 85 juta rupiah dan sudah cukup dari nisab sebesar 85 gram emas untuk zakat perniagaan, maka sudah seharusnya zakat perniagaan ini dengan perhitungan 2.5% dari hasil bersih setiap tahun sesuai hukum ekonomi syariah yang ada. Oleh karena itu zakat usaha penggilingan padi yang ada di Desa Bumiratu ini belum sesuai dengan hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 06:38
Last Modified: 30 May 2023 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item