PERAN PERS DALAM MENGAWAL KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Pada Lampung Post dan Tribun Lampung)

Umar, Robbani (2023) PERAN PERS DALAM MENGAWAL KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Pada Lampung Post dan Tribun Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL UMAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Sistem politik itu dicirikan dengan kebebasan masyarakatnya untuk berpikir, menyampaikan pendapat, berkumpul, dan berserikat. Bahkan hal itu diatur secara khusus dalam Undang�undang Nomor 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum. Sebagai watchdog, pers memang berfungsi untuk mengawasi pemerintah, lembaga legislatif, serta yudikatif dengan menyampaikan kebenaran. Berlandaskan berbagai fenomena di atas, rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pers dalam mengawal kebijakan publik di Kota Bandar Lampung? Bagaimana peran pers (Lampung Post dan tribun Lampung) dalam mengawal kebijakan Pemerintah Kota Bandar Lampung ditinjau dari perspektif siyasah syar’iyyah?. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian lapangan (Field Research). Dengan metode deskriptif-analisis, yaitu memaparkan atau menjelaskan data yang diperoleh dan selanjutnya dianalisis dengan metode deduktif. Data primer penelitian ini diperoleh dari data-data lapangan, yaitu data yang didapat dari penelitian yang dilakukan dalam keadaan yang sebenarnya dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi yang hasilnya diperoleh dari perusahaan pers yakni Lampung Post danTribun Lampung. Serta data sekunder yang didapat dengan cara membaca buku-buku, artikel, jurnal dan bahan lain terkait yang memperkuat penelitian. Data primer dan data skunder yang sudah terkumpul lalu dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Penelitian menyimpulkan, media menjadi penyebar informasi yang sangat efektif, berperan besar dalam sistem demokrasi. Media mampu mempengaruhi konstalasi politik dan pemerintahan seperti mentransformasi kepemimpinan politik dan mengubah porsi kekuasaan, mengawasi jalannya pemerintahan, dan menjadi salah satu medium masyarakat menyampaikan aspirasi. Penggunaan media telah diakui dengan dasar bahwa media tersebut dapat memfasilitasi partisipasi politik, memperluas akses warga pada informasi, dan merangsang bentuk-bentuk baru dalam aktivisme politik yang terdesentralisasi. Hal inilah yang telah dilakukan Lampung Post dan Tribun Lampung pada pemerintahan Kota Bandar Lampung. Dalam perspektif siyasah syar’iyyah mengenai peran pers dalam mengawal pemerintah telah sesuai dengan prinsip ke-Islaman, yakni adil, jujur, dan kebenaran menjadi landasan utamanya. Dalam fungsinya, telah iii menyampaikan informasi (to inform), member pendidikan (to educate), dan menghibur (to entertain).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 06:21
Last Modified: 30 May 2023 06:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28368

Actions (login required)

View Item View Item