KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA II BANDAR LAMPUNG

YENI, MARISA (2023) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA II BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2-5. Repository.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Bab 1-5 full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi kepribadian tidak dapat dihindarkan dalam proses pembelajaran karena transformasi proses pendidikan yang paling sulit adalah pembentukan karakter. Guru merupakan faktor pertama dan penentu keberhasilan pembelajaran, mutu guru menunjuk kepada sikaf atau kualitas diri yang berkaitan dengan pengajaran dan karakter anak didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaiman kompetensi kepribadian guru dalam membentuk karakter (religius, disiplin, mandiri dan peduli sosial) anak di Raudhatul Athfal Perwanida II Bandar Lampung ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru dalam membentuk karakter (religius, disiplin, peduli sosial dan mandiri) anak di Raudhatul Athfal Perwanida II Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menganalisa data dengan cara menggambarkan data yang telah dikumpulkan sesuai keadaan, dengan subyek penelitian guru dan peserta didik di kelas A RA Perwanida II Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dianalilis dengan cara mereduksi data, langkah selanjutnya adalah mendisplaykan data setelah itu baru ditarik kesimpulan, uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber, yaitu cara untuk mendapatkan data dengan teknik yang sama namun sumber yang berbeda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan selama satu bulan di Raudhatul Athfal Perwanida II Bandar Lampung guru sudah menerapkan aspek kompetensi kepribadian melalui keteladanan dan pembiasaan untuk membentuk karakter anak dengan indikator sebagai berikut : Guru memiliki akhlak mulia serta memberikan contoh sesuai dengan aturan dan norma riligius sehingga menjadi teladan bagi anak didik serta berjiwa pendidik dan memiliki kepribadian yang dewasa. Dari kompetensi kepribadian guru tersebut mampu membentuk anak-anak yang berkarakter, anak yang termasuk iv kategori belum berkembang (BB) berjumlah 3 anak dengan tingkat presentase 11% anak yang mulai berkembang (MB) berjumlah 6 anak dengan tingkat presentase 21% anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH), berjumlah 15 anak dengan presentase 54% dan anak yang sudah berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 4 anak dengan tingkat presentase 14%. Kompetensi kepribadian yang dimiliki guru di RA Perwanida II Bandar Lampung sangat mempengaruhi karakter anak didik, hampir semua anak didik sudah memiliki perkembangan dalam proses pembentukan karakter, meskipun masih ada beberapa anak yang belum memiliki perkembagan salah satu penyebabnya adalah jumlah anak dalam satu kelas yang terlalu banyak dengan jumlah guru pendidik yang sedikit, sehingga guru kewalahan jika harus selalu memperhatikan anak satu-persatu. Kata Kunci :Karakter, Kompetensi Kepribadian. v ABSTRACT Personal competence cannot be avoided in the learning process because the most difficult transformation of the educational process is character building. The teacher is the first factor and determines the success of learning, the quality of the teacher refers to the attitude or self-quality related to the teaching and character of students. The formulation of the problem in this research is "How is the teacher's personality competence in shaping the character (religious, disciplined, independent and socially caring) of children in Raudhatul Athfal Perwanida II Bandar Lampung?". The purpose of this study was to determine the teacher's personality competence in shaping the character (religious, disciplined, socially caring and independent) of children at Raudhatul Athfal Perwanida II Bandar Lampung. This study uses descriptive qualitative, namely analyzing data by describing the data that has been collected according to the circumstances, with the research subjects being teachers and students in class A RA Perwanida II Bandar Lampung. Data collection tools that the authors use in research are observation, questionnaires, interviews and documentation. The data is analyzed by reducing the data, the next step is to display the data after which conclusions are drawn, the validity test uses source triangulation, which is a way to obtain data with the same technique but different sources. Based on the results of the analysis and discussion that the researchers have done for one month at Raudhatul Athfal Perwanida II Bandar Lampung, the teacher has implemented aspects of personality competence through example and habituation to shape children's character with the following indicators: Teachers have noble character and set examples in accordance with rules and norms religious so that it becomes a role model for students and has the spirit of an educator and has a mature personality. From the teacher's personality competence, he is able to form children with character, 3 children who vi are in the undeveloped category (BB) with a percentage rate of 11%, children who are starting to develop (MB), 6 children with a percentage rate of 21%, children who have developed according to expectations (BSH), totaling 15 children with a percentage of 54% and children who have developed very well (BSB) totaling 4 children with a percentage rate of 14%. The personality competencies possessed by teachers at RA Perwanida II Bandar Lampung greatly affect the character of students, almost all students already have developments in the process of character formation, although there are still some children who do not have development one of the reasons is the number of children in one class is too many with a small number of teaching teachers, so teachers are overwhelmed if they have to always pay attention to children one by one. Keywords: Character, Personality Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 04:15
Last Modified: 30 May 2023 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28364

Actions (login required)

View Item View Item