PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

ANGGRAINI, RAMADAYANT (2023) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI ANGGRAINI R.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan konseling kelompok pendekatan konseling realitas terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan kurangnya kedisiplinan belajar pada peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran terdapat peserta didik yang terlambat, tidak mengumpulkan tugas, mengobrol, dan tidak membawa buku. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor internal atau eksternal yang dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan konseling realitas untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik SMP Negeri 4 Bandar Lampung, di dalam penelitian ini secara umum proses konseling dari pendekatan realitas yang digunakan adalah wants and needs (W), direction and doing (D), evaluation (E), planning (P). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Dalam menentukan subjek dalam penelitian ini menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan hasil subjek penelitian adalah 4 (empat) peserta didik dengan inisial NI, DN, MAP, dan KA Hasil Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Bandar Lampung mengenai pelaksanaan konseling realitas. Dalam hal ini penulis melihat pelaksanaan konseling realitas menggunakan struktur WDEP. Faktor-faktor yang menjadi penyebab rendahnya kedisiplinan belajar keempat peserta didik yang memiliki masalah disiplin belajar adalah faktor internal yaitu berasal dari dalam diri peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil konseling penulis bersama dengan 4 (empat) peserta didik sekaligus hasil wawancara dengan guru BK. Perubahan yang dirasakan oleh peserta didik setelah diberikan konseling realitas membawa perubahan kearah yang lebih positif bagi peserta didik. Peserta didik merasa terbantu karena setelah melaksanakan konseling realitas peserta didik merasa lebih tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, tidak terlambat, serta dapat mengikuti pembelajaran secara baik, dan masing-masing peserta didik mampu melaksanakan rencana - rencana yang sudah disepakati bersama penulis. Hal tersebut dibuktikan dengan perubahan perilaku peserta didik setelah dilaksanakannya pelaksanaan konseling dengan teknik realitas. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Konseling Realitas, Kedisiplinan Belajar iv ABSTRACT This study describes the use of group counseling with the reality counseling approach to student learning discipline. The problem in this study was related to the lack of discipline in learning in students so that in the learning process there ware students who ware late, don't submit assignments, chat, and don't bring books. This could happen because of internal or external factors that could af ect the level of student learning discipline. The purpose of this study was to analyze the implementation of group counseling with the reality counseling approach to improve the learning discipline of SMP Negeri 4 Bandar Lampung students. In this study, in general, the counseling process from the reality approach used was wants and needs (W), direction and doing (D), evaluation (E), planning (P). This research was included in the type of qualitative research with a case study research design. Data collection procedures using the method of observation, interviews, and documentation. The participants of this study were class VII students at SMP Negeri 4 Bandar Lampung, In determining the subjects in this study using Purposive Sampling Technique with the results of the research subjects were 4 (four) students with the initials NI, DN, MAP, and KA. The results of the research conducted at SMP Negeri 4 Bandar Lampung regarding the implementation of reality counseling. In this case the author sees the implementation of reality counseling using the WDEP structure. The factors that cause the low learning discipline of the four students who have learning discipline problems ware internal factors that come from within the students. This was based on the results of the author's counseling with 4 (four) students as well as the results of interviews with the counseling teacher. The changes felt by students after being given reality counseling bring changes in a more positive direction for students. Students feel helped because after carrying out reality counseling students feel more punctual in submitting assignments, not late, and can follow learning well, and each student is able to carry out the plans that have been agreed upon with the author. This was evidenced by changes in the behavior of students after the implementation of counseling with reality. Keywords: Group Counseling, Reality Counseling, Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 04:00
Last Modified: 30 May 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28361

Actions (login required)

View Item View Item