Penerapan Metode Keteladanan Dalam Mengembangkan Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung

CHICA, ARIYANTI (2023) Penerapan Metode Keteladanan Dalam Mengembangkan Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CHICA ARIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang memiliki nilai moral agama yang baik dan pembelajaran nilai moral agama yang dilakukan oleh guru sudah bersifat aplikatif terhadap anak/murid. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan moral agama pada anak usia 5-6 tahun dengan penerapan metode keteladanan di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. subjek penelitian adalah guru dan peserta didik dikelas B Taman Kanak�Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampungs. Adapun informan dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik, dengan jumlah peserta didik kelas B6 yang dijadikan subjek penelitian adalah sebanyak 20 peserta didik dan 1 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode keteladanan dalam mengembangkan moral agama anak usia dini berjalan secara maksimal. Ada empat hal yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan nilai moral agama anak, yaitu: 1) Perkembangan nilai moral agama dilakukan pada setiap kegiatan di kelas; 2) Guru selalu memberikan contoh pada anak; 3) Guru melakukan evaluasi diri; dan 4) Memberikan Pujian dan Teguran. Dengan adanya penerapan keteladanan yang baik dari guru, maka anak akan meniru hal-hal yang baik. Kata Kunci: Guru; Metode Keteladanan; nilai moral agama iii ABSTRACT The problem in this study is that there are children who have good religious moral values and learning of religious moral values carried out by teachers is already applicable to children / students. This research was conducted to find out how to develop religious morals in children aged 5-6 years by applying the exemplary method at Assalam 2 Kindergarten Sukarame Bandar Lampung. This research uses qualitative research. the research subjects are teachers and students in class B of Assalam 2 Kindergarten Sukarame Bandar Lampungs. The informants in the study were the principal, class teacher and students, with the number of class B6 students who were used as research subjects as many as 20 students and 1 teacher. Data collection techniques in the study were interviews, observation and documentation. In analyzing the data the author uses data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the application of exemplary methods in developing religious morals in early childhood runs optimally. There are four things done by teachers in developing children's religious moral values, namely: 1) The development of religious moral values is carried out in every activity in the classroom; 2) Teachers always give examples to children; 3) Teachers conduct self-evaluation; and 4) Give praise and reprimand. With the application of a good example from the teacher, the child will imitate good things. Keywords: Teacher; Exemplary Method; religious moral values

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2023 08:18
Last Modified: 29 May 2023 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28355

Actions (login required)

View Item View Item