PERAN PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ASING BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE OKU TIMUR

WISMA, ADI PRATAMA (2023) PERAN PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ASING BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WISMA ADI PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses belajar mengajar (PBM) sudah menjadi Sunnahtullah ada rasa lelah, malas dan lain sebagainya yang mana hal itu bisa menganggu dari proses belajar santri. Namun, rasa lelah dan malas tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Maka dari itu Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Oku Timur melakukan upaya dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa asing bagi santri melalui peran pembimbing disana. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa asing bagi santri Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Oku Timur Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 4 santri putra baru, 1 pimpinan Pondok Pesantren, dan 2 ustadz. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa asing bagi santri telah dilaksanakan dengan cukup baik meskipun belum dapat maksimal. Berikut ini peran pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab bagi santri: 1) Pembimbing sebagai penyedia layanan, yaitu menyediakan layanan informasi dan konsultasi bagi santri, 2) Pembimbing sebagai pengelola, yaitu mengelola kegiatan pembelajaran yang inovatif dan meneynangkan, 3) Pembimbing sebagai pemberi contoh, yaitu menunjukkan atau menyontohkan secara nyata dari materi yang disampaikan, 4) Pembimbing sebagai guru, yaitu menciptakan suasana belajar yang kreatif dan tidak membosankan, dan 5) Pembimbing sebagai motivator, yaitu memberikan motivasi belajar dengan penerapan targhib (hadiah) dan tarhib (hukuman), serta dengan cerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa asing bagi santri telah dilaksanakan dengan baik dan berangsur-angsur motivasi belajar santri meningkat, yang mana ditunjukan dengan keempat santri yang mulai fasih menggunakan bahasa asing meskipun terkadang masih bercampur dengan bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pembimbing, Motivasi Belajar iv ABSTRACT In the teaching and learning process (PBM) it has become Sunnahtullah, there is a feeling of tiredness, laziness and so on which can interfere with the students' learning process. However, the feeling of fatigue and laziness should not be left alone. Therefore, the Nurussalam Sidogede Oku Timur Modern Islamic Boarding School is making efforts to increase the motivation to learn foreign languages for students through the role of mentors there. The purpose of this research is to find out the role of mentors in increasing motivation to learn foreign languages for Islamic boarding school students Nurussalam Sidogede Oku Timur. This type of research is field research (field research) which is descriptive qualitative. The data sources in this study were 4 new male students, 1 Islamic boarding school leader, and 2 ustadz. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is the data analysis model of Miles and Huberman, which consists of data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that the role of mentors in increasing the motivation to learn foreign languages for students has been carried out quite well even though it has not been maximized. The following is the role of the supervisor in increasing the motivation to learn Arabic for students: 1) The mentor as a service provider, namely providing information and consulting services for students, 2) The mentor as a manager, namely managing innovative and enjoyable learning activities, 3) The mentor as an example , namely demonstrating or demonstrating the material presented, 4) The mentor as a teacher, namely creating a learning atmosphere that is creative and not boring, and 5) The mentor as a motivator, namely providing motivation to learn by applying targhib (reward) and tarhib (punishment) , as well as with stories. The conclusion of this study is that the role of the mentor in increasing the motivation to learn foreign languages for students has been carried out well and gradually the learning motivation of students has increased, which is indicated by the four students who are starting to become fluent in using foreign languages even though sometimes they are still mixed with Indonesian. Keywords: Supervisor, Learning Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2023 07:35
Last Modified: 29 May 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28348

Actions (login required)

View Item View Item