JUAL BELI PAKET INTERNET UNLIMITED PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Galeri Smartfren Kecamatan Teluk Betung Utara Bandar Lampung)

Ilham, Fatkhurrohman (2023) JUAL BELI PAKET INTERNET UNLIMITED PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Galeri Smartfren Kecamatan Teluk Betung Utara Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ILHAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar benda (barang)yang mempunyai nilai, atas dasar kerelaan (kesepakatan) antara dua belahpihak sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang dibenarkan oleh syara.Yang dimaksud sesuai dengan ketentuan syara ialah bahwa dalam jual beliharus memenuhi rukun�rukun, persyaratan-persyaratan, dan hal-hal lain yang ada kaitannya dengan jual beli. Rumusan masalah Praktik Jual Beli Paket Internet Unlimited di Graphari Smarfren di Teluk Betung, Bandar Lampung dan Bagaimana Perspektif Hukum Islam Jual Beli Paket Internet Unlimited di Teluk Betung, Bandar Lampung.tujuan Untuk mengetahui praktik jual beli paket internet unlimited yang terjadi di Galeri Smartfren kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui perspektif hukum Islamnya Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah,teknik wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dipergunakan adalah dengan menggunakan data primer yaitu data yang di dapat langsung dari Penjual dan Pembeli Paket Internet Unlimited. Berdasarkan Penelitian bahwasannya Perspektif Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Paket Internet Unlimited di Grapar Smartfren Bandar Lampung. Perspektif Hukum Islam pemakaian paket unlimited memiliki batas pemakaian wajar walaupun paket sudah habis tetapi tetap akan bisa mengakses internet, jadi ketika kita menggunakan paket internet unlimited meskipun kita telah mencapai batas pemakaian yang ditetapkan kita tetap dapat mengakses internet dengan kecepatan akses internet yang sudah diatur oleh provider internet perharinya. Apabila batasan paket data internet 1 Gb maka besaran FUP sebesar 128 kbps per harinya. Menurut Andi dan Rifki selaku pembeli Praktik pada pembelian paket unlimited adalah pembeli datang untuk membeli paket unlimited dengan ketetapan dan kesesuaian yang sudah tertera dimana penjual hanya menjelaskan secara singkat. Maka secara tidak langsung penjual menjual barang dalam keadaan gharar dimana terdapat ketidakjelasan, Rifki dan Andi memakai paket internet unlimited yang tidak jelas mengapa tidak jelas dikarenakan mereka memakai paket unlimited dengan pemakaian batas wajar yang ditentukan dimana ketidaktahuan mereka berapa besaran kuota yang digunakan saat mengakses internet tersebut, padahal kita ketahui batas pemakaian itu sudah habis atau melewati tenggang yang dicantumkan.maka jual beli paket unlimitted dalam iii skrispi ini adalah jual beli yang bathil karna tidak terpenuhi syaratnya dan ketidaktahuan akan kadarnya. Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2023 04:29
Last Modified: 29 May 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item View Item