IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACCELERETED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA TAHFIDZ AL QUR’AN ROMADHON

RIZKY, AIDIL FITRI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ACCELERETED LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA TAHFIDZ AL QUR’AN ROMADHON. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover samapi  bab 2 dan dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi Rizkin Aidil Fitri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini Kurangnya keaktifan peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Tahfidz Al Qur’an Romadhon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Model Pembelajaran Accelereted Learning dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan langkah langkah apa saja yang dilakukan pada implementasi model pembelajaran Accelereted Learning. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik data yaitu 1. Observasi wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah yang ada pada tesis ini adalah Bagaimanakah cara impelemtasi model pembelajaran Accelereted Learning. Dan bagaimana langkah-langkah yang di gunakan model pembelajaran Accelereted Learning. Implementasi model pembelajaran accelereted learning diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, strategi pembelajaran, teknik pembelajaran dan media pembelajaran. Komponen komponen tersebut dirancang agar pada saat pembelajaran peserta didik dapat berfikir aktif kratif dan inovatif dengan pelaksanaan model pembelajaran Accelereted Learning ini. langkah-langkah yang digunakan pada model pembelajaran accelereted learning ini adalah guru mempersiapkan bahan ajar terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran, Meningkatkan kopetensi individu dengan menggunakan audiovisual atau proyektor pada saat mengajar Mengikuti seminar atau pengembangan mengajar yang ada di luar sekolah Guru memperluas wawasan tentang materi sejarah kebudayaan Islam. Peserta didik dilatih tidak hanya berfikir aktif secara emosional tetapi juga dengan perasaan, panca indranya serta fisiknya baik dan dapat mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta dapat berinovasi dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran yang di gunakan pada model pembelajaran Accelereted Learning adalah vii presentasi, simulasi, diskusi kelompok, dengan metode jigsaw model tim ahli cooperatif script dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil dari pembahasan pada penilitian ini yaitu bahwa model pembelajaran Accelreted Learning di MA Tahfidz Al Qur’an Romadhon telah terlaksana. Serta langkah-langkah yang digunakan juga sesuai dengan materiyang disammpaikan. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran berlangsung yang menunjukkan peserta didik aktif dalam belajar, peserta didik di kelompokkan untuk berdiskusi antar kelompok.dan guru memberikan sedikit tentang materi kemudian peserta didik menjelaskan tentang penjabaran dari materi yang telah diberikan oleh guru. Dengan demikan peserta didik terlihat tidak bosan dan jenuh dalam belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2023 03:36
Last Modified: 29 May 2023 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28331

Actions (login required)

View Item View Item