ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA TENTANG CERAI GUGAT DENGAN ALASAN KEYAKINAN ISLAM YANG FANATIK (Studi Putusan Pengadilan Agama Kalianda Nomor: /Pdt.G/ /PA.Kla)

PESONA, NATALIA (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA TENTANG CERAI GUGAT DENGAN ALASAN KEYAKINAN ISLAM YANG FANATIK (Studi Putusan Pengadilan Agama Kalianda Nomor: /Pdt.G/ /PA.Kla). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of PESONA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkara Nomor /Pdt.G/ / PA.Kla tentang cerai gugat dengan alasan keyakinan Islam yang fanatik. Dimana alasan-alasan diajukannya gugatan Penggugat menerangkan Tergugat memiliki keyakinan Islam yang fanatik sehingga perilaku Penggugat selalu salah dan dilarang terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak dilarang dalam Islam seperti tidak boleh bersosialisasi dengan sanak saudara, tetangga ketika hari raya, dan acara-acara hajatan serta Tergugat tidak membolehkan Penggugat untuk mengunjungi orang tuanya, Tergugat tidak memperbolehkan Yasinan. Dengan demikian rumusan masalah, bagaimana pertimbangan Hakim dalam putusan cerai gugat dengan alasan keyakinan Islam yang fanatik perkara Nomor /Pdt.G/ /PA.Kla dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pertimbangan Hakim dalam putusan cerai gugat dengan alasan keyakinan Islam yang fanatik perkara Nomor /Pdt.G/ /PA.Kla. Penelitian ini berjenis penelitian kepustakaan (library research), bersifat deskriptif, berdasarkan jenis sumber data adalah jenis data primer dan sekunder yaitu data primer pada penelitian ini adalah Putusan Pengadilan Agama Tentang Cerai Gugat Dengan Alasan Keyakinan Islam Yang Fanatik (Studi Putusan Pengadilan Agama Kalianda Nomor: /Pdt.G/ /PA.Kla) dan data sekunder yaitu bahan pustaka yang memberikan penjelasan mengenai data primer. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk masalah yang akan dibahas tentang cerai gugat dengan alasan keyakinan Islam yang fanatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hakim dalam memutus perkara Nomor /Pdt.G/ /PA.Kla menjadikan keyakinan Islam yang fanatik sebagai faktor penyebab terjadinya keretakan memicu pertengkaran, ketidakharmonisan dan perselisihan terus-menerus dalam rumah tangga. Oleh karena itu berdasarkan fakta diatas Hakim menisbatkan keyakinan Islam yang fanatik sebagai alasan perceraian kedalam Pasal ayat ( ) Undang-Undang Nomor Tahun sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor Tahun jo. Pasal huruf (f) Peraturan Pemerintah Nomor Tahun jo. Pasal huruf (f) Kompilasi Hukum Islam. Berdasarkan pertimbangan hakim dalam putusan cerai gugat dengan alasan keyakinan Islam yang fanatik kasus ini dikaji dari maslahah mursalah akan mendatangkan kebaikan, adalah untuk menjaga dan mewujudkan kebaikan atau menghindarkan keburukan bagi pihak Penggugat, Tergugat dan orang disekitarnya sebagaimana dikehidupan rumah tangga antar keduanya sudah tidak dapat dirukunkan lagi karena membelenggu mafsadat yang lebih besar daripada maslahatnya. Kata Kunci : Cerai gugat, Fanatik, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2023 03:30
Last Modified: 29 May 2023 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28329

Actions (login required)

View Item View Item