KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENJAGA STABILISASI HARGA KEBUTUHAN POKOK PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lampung Barat)

NIA, LEONITA (2023) KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENJAGA STABILISASI HARGA KEBUTUHAN POKOK PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi Pada Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2 NIA LEONITA.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah mempunyai peran yang sangat penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, karena tanggung jawab pemerintah tidak hanya sebatas pada keamanan negara saja tetapi juga harus mampu dan sanggup menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera. Hal tersebut tidak mungkin terwujud tanpa ada keterlibatan dari pemerintah. Pemerintah mempunyai tugas pokok untuk mengendalikan komoditas bahan pokok dalam jumlah yang cukup dengan harga yang terjangkau. Stabilisasi harga merupakan tindakan untuk mempertahankan suatu harga barang maupun jasa pada tingkat tertentu dan dilakukan oleh pemerintah. Dengan adanya kerjasama antar instansi terkait dan didukung pula oleh pemerintah pusat serta masyarakat, diharapkan dapat memenuhi stok bahan kebutuhan pokok penting yang mengalami kelangkaan sehingga kebutuhan pokok masyarakat dalam situasi apapun, seperti situasi dimana sebagai dampak dari peraturan atau kebijakan pemerintah pada sektor lainnya tetap terjamin. Hal ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Dalam kajian ini, penulis mengambil rumusan masalah bagaimana kebijakan Pemerintah daerah dalam Menjaga Stabilisasi Harga Kebutuhaan Pokok dan bagaimana pandangan siyasah tanfidziyyah mengenai hal tersebut. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakkan pemerintah dalam menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok dan untuk mengetahui bagaimana pandangan siyasah tanfidziyyah mengenai hal tersebut. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan penelitian lapangan (field research) dimana penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai instansi terkait yaitu pada Dinas Koperindag Kabupaten Lampung Barat. Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tahap wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data yang dilakukan secara kualitatif, penglolahan analisa data menggunakan metode analisis deskriptif yaitu pembahasan yang didasarkan pada pola pemikiran yang bersifat umum kemudian disimpulkan dalam arti khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kebijakan Pemerintah Daeah Kabupaten Lampung Barat dalam Menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok dilakukan dengan melaksanakan Operasi Pasar atau juga Pasar Murah bekerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). Simpulan dari hasil penelitian ini adalah kebijakan pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat yang iii dilaksanakan oleh Dinas Koperindag sebagai unsur pelaksana dari pemerintahan kabupaten dilakukan dan dalam kaitannya dengan siyasah adalah penetapan kebijakan dapat diterima dengan syariah Islam karena yang dilakukan pemerintah daerah dalam rangka menjaga stabilitas harga adalah upaya agar masyarakat mendapat manfaat yang lebih baik didalamnya. Kata Kunci : siyasah tanfidziyyah, stabiliasi harga, pemerintah daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 May 2023 02:45
Last Modified: 29 May 2023 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28320

Actions (login required)

View Item View Item