PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMA

Reni, Safitri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMA Oleh Reni Safitri Masih banyak siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan ketermapilan argumentasi yang rendah di SMAN 06 Bandar Lampung. Kemampuan berpikir kritis yang kurang ini muncul karena sebagian besar siswa menganggap pelajaran biologi sebagai pelajaran rutin dengan materi yang banyak, sehingga perlu adanya perbaikan terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model yang efektif, salah satunya adalah model pembelajaran Argument Driven Inquiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain postest only control group. Sampel pada penelitian ini diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes dan angket. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Kolmogorov�Smirnov untuk uji homogenitas menggunakan uji Levene‘s sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan uji T Berdasarkan hasil analisis menyatakan penelitian menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiri dengan hasil uji T diketahui bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima dengan diperoleh tingkat signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Argument Driven Inquiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan argumentasi peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMAN 06 Bandar Lampung. Kata Kunci : Argument Driven Inquiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Argumentasi iv ABSTRACT THE EFFECT OF ARGUMENT DRIVEN INQUIRY LEARNING MODEL ON CRITICAL THINKING ABILITY AND ARGUMENTATION SKILLS OF HIGH SCHOOL STUDENTS By Reni Safitri There are still many students who have low critical thinking skills and argumentation skills at SMAN 06 Bandar Lampung. This lack of critical thinking skills arises because most students perceive biology lessons as routine lessons with a lot of material, so it is necessary to improve the learning process by applying effective models, one of which is the Argument Driven Inquiry learning model. This research is a quasi-experimental quantitative research with a posttest only control group design. The sample in this study was taken randomly using the cluster random sampling technique. Data collection instruments use test questions and questionnaires. The normality test used is the Kolmogorov-Smirnov test for homogeneity testing using the Levene's test while the hypothesis test is using the T test Based on the results of the analysis, the research used the Argument Driven Inquiry learning model with the results of the T test known that H₀ was rejected and H₁ was accepted with a significant level of 0.000 <0.05 so it can be concluded that there is an influence of the Argument Driven Inquiry Learning model on the critical thinking skills and argumentation skills of participants students in biology subjects at SMAN 06 Bandar Lampung Keywords: Argument Driven Inquiry, Critical Thinking Skills, Argumentation Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 May 2023 04:14
Last Modified: 26 May 2023 04:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28313

Actions (login required)

View Item View Item