IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VA SD NEGERI 1 KALIREJO

Tasya, Modesti Salsabila (2023) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK KELAS VA SD NEGERI 1 KALIREJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Tasya Modesti Salsabila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran, pendidik di SD Negeri 1 Kalirejo khususnya kelas V masih memberikan reward dan punishment terhadap peserta didik namun peserta didik tetap memiliki tingkat disiplin yang belum memenuhi tata tertib yang sudah ditetapkan oleh sekolah, yaitu masih kurangnya disiplin belajar yang ditunjukkan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif, jenis pendekatan yang dilakukan yakni pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif. Data yang dipakai dalam kualitatif pada umumnya memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa implementasi reward dan punishment dalam disiplin peserta didik kelas VA ini sudah sesuai dengan indikator. Reward dan punishment sudah berjalan dengan baik, tetapi dalam kedisiplinan peserta didik masih kurang. Sehingga dapat disimpulkan terdapat faktor lain yang membuat peserta didik kurang disiplin, yaitu faktor sosial dan faktor psikologis. Kelebihan dan kekurangan implementasi reward dan punishment di SD Negeri 1 Kalirejo yaitu Kelebihan bagi mereka yang mendapatkan reward akan menjadi lebih bersemangat untuk melakukan kedisplinan. Kemudian kekurangannya dari pemberian reward adalah peserta didik menjadi sombong dan cepat merasa puas. Selanjutnya kelebihan dari pemberian punishment yaitu mereka dapat instropeksi diri untuk memperbaiki sikap yang kurang baik. Kemudian kekurangan dari pemberian punishment mereka yang pernah melakukan kesalahan akan merasa tidak percaya diri terhadap teman-teman yang lain. Faktor pendukung dan penghambat pemberian reward dan punishmnet di SD Negeri 1 Kalirejo yaitu sekolah mendukung adanya reward dan punishment tetapi untuk fasilitas dari sekolah kurang memadai. Faktor yang mendukung dalam penerapan reward yaitu eksternal dan internal, faktor internal itu adalah peserta didik itu sendiri, dan factor eksternal adalah lingkungan yang berarti orang tua dari peserta didik. Hambatan dalam penerapan pemberian reward akan membuat anak tersebut menjadi sombong. Sedangkan hambatan pemberian hukuman yaitu perserta didik malah merasa lebih berani berbohong karena takut dihukum. Kata Kunci : Reward dan Punishment, Disiplin iv ABSTRACT In learning process, teacher of SD Negeri 1 Kalirejo especially V Class still give a reward or punishment to the students meanwhile the students still have discipline that had not yet the order established by the school, which is Still lack the discipline to study. The research method is qualitative, the type of approach used a descriptive approach. Data collecting techniques are done in truangulation (combination), the data analysis is inductive/qualitative. Data used in qualitative usually involves observation, interview and documentation. Based on the results of this study, it was found that the implementation of reward and punishment in the discipline of VA class students was in accordance with the indicators. Reward and punishment have been going well, but the discipline of students is still lacking. So it can be concluded that there are other factors that make students less disciplined, namely social factors and psychological factors. The advantages and disadvantages of implementing reward and punishment at SD Negeri 1 Kalirejo, namely the advantages for those who get rewards will be more enthusiastic about being disciplined. Then the drawback of giving rewards is that students become arrogant and quickly feel satisfied. Furthermore, the advantage of giving punishment is that they can self-reflect to improve bad attitudes. Then the shortcomings of giving punishment are those who have made mistakes will feel insecure about their other friends. The supporting and inhibiting factors for giving rewards and punishments at SD Negeri 1 Kalirejo are that the school supports reward and punishment but the facilities at the school are inadequate. Factors that support the application of rewards are external and internal, internal factors are the students themselves, and external factors are the environment which means the parents of the students. Obstacles in the application of reward will make the child become arrogant. While the obstacle to giving punishment is that students feel braver to lie because they are afraid of being punished. Keywords: Reward and Punishment, Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 May 2023 03:51
Last Modified: 26 May 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28310

Actions (login required)

View Item View Item