PRAKTIK LELANG JAMINAN BAGI NASABAH WANPRESTASI DALAM PRODUK PEMBIAYAAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung)

MASTINI, SALSABILA (2023) PRAKTIK LELANG JAMINAN BAGI NASABAH WANPRESTASI DALAM PRODUK PEMBIAYAAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1,2,5, LAMPIRAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung merupakan salah satu bagian dari Bank Umum Syariah. Salah satu produk yang ditawarkan oleh bank yaitu pembiayaan. Penyaluran pembiayaan pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung harus memenuhi prinsip kehati-hatian dan pertanggungan risiko akibat wanprestasi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena nasabah tidak dapat melunasi pembiayaan yang diberikan oleh pihak bank sehingga pihak bank mengeksekusi dan melelang jaminan milik nasabah tersebut. Tetapi pihak nasabah ingin melakukan gugatan balik kepada pihak Bank. Dikarenakan pihak nasabah tidak setuju barang jaminanya dilelang, tidak ada pemberitahuan dari pihak Bank jika barang jaminan akan dilelang dan harga barang jaminan dibawah harga pasar yang merugikan pihak nasabah. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan lelang barang jaminan pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung. Dengan tujuan untuk mengetahui proses lelang barang jaminan pada Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Bandar Lampung dan bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariahnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi sebagai sumber data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa proses praktik lelang yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia Pangern Antasari Sukabumi Bandar Lampung dapat dilakukan pelelangan umum dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang atau penjualan dibawah tangan. Apabila nasabah tidak melunasi hutangnya pada waktu yang telah ditentukan, maka barang jaminan tersebut akan dilelang. Sebelumnya pihak bank memberikan surat peringatan sebanyak tiga kali dan memberikan keringanan kepada nasabah untuk menjual sendiri barang jaminannya, Dan apabila dalam jangka waktu tiga bulan bulan nasabah tetap tidak mampu menjual barang jaminan.tersebut, maka pihak bank akan mengajukan lelang kepada pihak KPKNL di kota Bandar Lampung, karena lelang merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan oleh pihak bank demi mengembalikan dana yang sudah dikeluarkan bank kepada nasabah yang melakukan wanprestasi. Dalam pandangan Hukum Ekonomi Dilihat dari segi proses penjualan lelang atas barang jaminan yang dilakukan oleh Bank Muamalat Pangeran Antasari Sukabumi Banda Lampung tidak bertentangan dengan jual beli yang dilarang oleh syariat Islam, dikarenakan tidak ada unsur penipuan dalam penetapan harga dan kerugian yang dialami pun tidak berdasarkan unsur kesengajaan dari pihak manapun. Kata Kunci : Lelang, Jaminan, Pelaksanaan Lelang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 May 2023 03:01
Last Modified: 26 May 2023 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28304

Actions (login required)

View Item View Item