PRAKTIK JUAL BELI ULAT HONGKONG PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Budidaya Ternak Ulat Hongkong Lingkungan Tanah Rendah Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara)

Eis, Ajeng Tri Kartika (2023) PRAKTIK JUAL BELI ULAT HONGKONG PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Pada Budidaya Ternak Ulat Hongkong Lingkungan Tanah Rendah Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EIS AJENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupakan salah satu makhluk sosial, dengan maksud makhluk yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain. Salah satunya yaitu dengan cara melakukan perdagangan atau jual beli. Kegiatan jual beli mengalami perkembangan dari segi harga, bentuk, ataupun barang yang diperjualbelikan. Bentuk atau objek yang diperjualbelikan beragam salah satunya ialah jual beli ulat hongkong. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Pertama, Bagaimana praktek jual beli ulat hongkong di Tanah Rendah Lampung Utara, Kedua, Bagaimana jual beli ulat hongkong dalam perspektif hukum islam. Tujuan yang akan dicapai yaitu, Pertama, Untuk mengetahui bagaimana praktek jual beli ulat hongkong di Tanah Rendah Lampung Utara, Kedua, Untuk mengetahui jual beli ulat hongkong dalam perspektif hukum islam. Dalam penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Data primer diperoleh melalui teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi dan wawancara dan dilengkapi oleh data sekunder. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yang berasal dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasi secara umum. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat dikemukakan bahwa dalam proses jual beli ulat hongkong transaksi yang dilakukan yaitu dengan cara datang langsung, penjual melakukan jual beli yang tidak ada kejelasan atau tidak transparan dalam takaran atau timbangan. Dalam menjual ulat Hongkong apabila pembeli membelinya tidak perkg tidak menggunakan timbangan hanya perkiraan saja. Dalam jual beli tersebut tentu pihak pembeli mengalami kerugian dan ketidakadilan karena tidak adanya penimbangan. Tinjuan hukum Islam dalam jual beli dengan sistem tersebut tidak diperbolehkan menurut hukum Islam dikarenakan tidak adanya penimbangan yang mengakibatkan adanya ketidakadilan, dan juga tidak memenuhi salah satu rukun dan syarat yaitu tidak tranparan dalam memberikan barang yang diperjualbelikan. Kata Kunci : Jual Beli, Hukum Islam, Ulat Hongkong

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 08:32
Last Modified: 25 May 2023 08:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28299

Actions (login required)

View Item View Item