PRAKTIK PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN DANA DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Desa Harapan Mukti Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji)

KUSTINA, Sarijo (2023) PRAKTIK PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN DANA DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi di Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Desa Harapan Mukti Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP), merupakan kegiatan pemberian permodalan untuk kelompok perempuan yang mempunyai kegiatan simpan pinjam. Dan tujuan dari kegiatan SPP ini adalah untuk mengembangkan potensi kegiatan simpan pinjam perdesaan, kemudahan akses pendanaan usaha skala mikro, pemenuhan kebutuhan pendanaan sosial dasar, dan memperkuat kelembagaan kegiatan kaum khususnya kaum perempuan serta mendorong pengurangan rumah tangga miskin dan penciptaan lapangan kerja di pedesaan. Namun dalam pelaksanaan dilapangan ada biaya tambahan yang di bebankan oleh peminjam keluar dari kesepakatan. Adapun rumusan masasalah penelitian ini adalah Bagaimana Praktik peminjaman dan pengembalian dana pada anggota program nasional pemberdayaan masyarakat PNPM Syariah di desa Harapan Mukti kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji ? kemudian , Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik pinjam dan pengembalian dana di program nasional pemberdayaan masyarakat PNPM Syariah di desa Harapan Mukti kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisa praktik peminjaman dan pengembalian dana di PNPM berdasarkan tinjauan hukum ekonomi islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Field Research yang sifatnya deskriptif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini diambil dari anggota nasabah PNPM dan data dianalisa menggunakan analisa induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil Analisa ditemukan bahwa Praktik simpan pinjam oleh PNPM Mandiri dengan pengelolaan simpan pinjam oleh UPK sejahtera desa Harapan Mukti yaitu adanya praktik meminjamkan modal kepada masyarakat khusus kaum perempuan. Secara umum pelaksanaan pinjaman SPP PNPM Mandiri Perdesaan di UPK sejahtera ini dikategorikan sebagai akad qardh atau utang piutang yang merupakan akad non profit atau tabarru (tolong iii menolong). Karena PNPM Mandiri memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat miskin perdesaan agar memiliki usaha dan penghasilan yang cukup serta mengentaskan kemiskinan seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa bunga yang dibebankan oleh PNPM sebesar 1%, bukanlah untuk keuntungan pribadi, akan tetapi bunga tersebut untuk keperluan administrasi lembaga. Akan tetapi, berdasarkan uraian teori dan analisis yang sudah penulis lakukan, maka tambahan tersebut termasuk dalam kategori riba, dan diharamkan dalam hukum Islam sebagaimana pendapat dari Mazhab Malikiyah, sebagian Syafi’iyah dan Hanabilah. Kata Kunci : qardh / pinjaman/ utang, riba,bunga,SPP,PNPM mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 08:01
Last Modified: 25 May 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28295

Actions (login required)

View Item View Item