PEMANFAATAN MUSANG DALAM PRODUKSI KOPI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Saung Musang Lampung Rajabasa Bandar Lampung)

Alvin, Fadli (2023) PEMANFAATAN MUSANG DALAM PRODUKSI KOPI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Saung Musang Lampung Rajabasa Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  ALVIN FADLI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan musang sebagai alat produksi kopi luwak yang mana dalam praktiknya terjadi di Saung Musang Lampung, dalam produksi tersebut pemilik saung musang memanfaatkan musang sebagai penghasil kopi luwak yang mana pemilik saung memiliki banyak musang peliharaan, musang didapat dari alam liar yang dipelihara sudah besar dan ada juga musang yang dipelihara dari kecil, dalam memanfaatkan musang pemilik saung memberikan makan musang berupa kopi yang sudah merah, pemberian makanan kopi tersebut dilakukan setiap hari agar produksi kopi setiap harinya selalu ada. Permasalahan yang diangkat dalam penelitianan ini (1) Bagaimana pemanfaatan Musang sebagai alat produksi kopi di Saung Musang Lampung?. (2) Bagaimana pemanfaatan musang sebagai alat produksi kopi di Saung Musang Lampung ditinjau dari perspektif hukum Islam?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pemanfaatan musang sebagai alat produksi kopi di Saung Musang Lampung. (2) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan musang sebagai alat produksi kopi di Saung Musang Lampung ditinjau dari perspektif hukum Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan deskripsi atau gambaran mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari informan dan data sekunder yang diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada seperti dari perpustakaan, dan penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan pemanfaatan musang sebagai alat produksi kopi yang terjadi di Saung Musang Lampung ialah musang yang dimanfaatkan sebagai alat produksi kopi sudah meningkatkan perekonomian pemilik Saung Musang Lampung maupun karyawan, sedangkan dalam hukum Islam pemanfaatan musang tersebut dibolehkan asal sesuai dengan ajaran Islam, tetapi yang diterapkan di Saung Musang Lampung tidak sesuai dengan hukum Islam, karena ada unsur pemaksaan terhadap hewan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 07:35
Last Modified: 25 May 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28293

Actions (login required)

View Item View Item