PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Putri, Augus Malaida (2023) PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PUTRI AUGUS MALAIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan gabungan dari definisi ilmu, pengetahuan, dan teknologi. Yang dimana merupakan ilmu terapan yang diciptakan manusia untuk mengembangkan, menerapkan, serta memperbaharui ilmu pengetahuan tentang teknologi guna untuk mempermudah kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Perkembangan IPTEK memberikan dampak positif pada terhadap pendidikan agama islam sendiri, terutama dalam proses pembelajajaran. Contoh dampak positifnya antara lain dapat mempermudah tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran bisa secara online, sehingga tidak dengan cara manual saja. Dengan bantuan teknologi dalam proses pembelajaran, pendidik juga bisa memberikan gambaran yang lebih konkret ketika menyampaikan materi tersebut. Pemanfaatan teknologi digunakan sebagai alat dalam pembelajaran, hal dinilai sangat inovatif dan sangat berguna dalam proses penyampaian materi kepada peserta didik, karena dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam dinilai masih monoton dan dianggap membosankan dalam penyampaian materinya. Pendidikan agama islam dalam pembelajaran religiusnya akan memanfaatkan perkembangan IPTEK sebagai alternatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran menjadi lebih baik lagi. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam perspektif pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan penelitian yang datanya besifat kualitatif. Jenis penelitiannya ialah studi kepustakaan library reseach. Sumber- sumber penelitian yang ada didukung oleh beberapa sumber primer dan sumber sekunder. Sedangkan teknik analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan analisi konten yang masih berkaitan dengan materi penelitian. Hasil penelitian ini berdasarkan dengan mengkaji berbagai sumber literatur dan ayat- ayat Al-Qur’an menunjukan tentang perkembangan iptek dalam perspektif pendidikan agama islam, maka peneliti menyimpulkan bahwa konsep perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan agama islam adalah upaya untuk memanfaatkan perkembangan iptek dengan sebaik-baik mungkin dalam menciptakan kratifitas dan medote pembelajaran yang menarik sehingga bisa memperoleh mutu pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan. Dalam pelajaran pendidikan agama islam sendiri tidak melarang atau menghabat penggunaan teknologi dalam proses pembelajarannya selagi tidak bertentangan dengan nilai dan ajaran agama islam. Akan tetapi dalam pengguanaan iptek tersebut masih banyak tenaga pendidik terutama guru PAI yang masih gagap internet, sehingga dibutuhkan kemampuan dan keterampilan dalam bidang pengethuan iptek di era digital sekarang ini. Kata kunci: Teknologi, pendidikan, pembelajaran Pendidikan Agama Islam iii ABSTRACT Science and technology is a combination of the definitions of science, knowledge, and technology. Which is an applied science created by humans to develop, apply, and update science about technology in order to facilitate human life in various fields. The development of science and technology has a positive impact on Islamic religious education itself, especially in the learning process. Examples of positive impacts include being able to make it easier for educators to deliver learning materials online, so that they are not in a manual way. With the help of technology in the learning process, educators can also provide a more concrete picture when delivering the material. The utilization of technology is used as a tool in learning, it is considered very innovative and very useful in the process of delivering material to students, because in some studies it is said that Islamic religious education learning is still considered monotonous and is considered boring in delivering the material. Islamic religious education in its religious learning will utilize the development of science and technology as an alternative to improve the quality of learning to be even better. The purpose of this research is to analyze how the development of science and technology (IPTEK) in the perspective of Islamic religious education. This research uses research whose data is qualitative. The type of research is library research. Existing research sources are supported by several primary sources and secondary sources. While the analysis technique used in this research is descriptive analysis method and content analysis which is still related to the research material. The results of this study are based on examining various sources of literature and verses of the Qur'an showing the development of science and technology in the perspective of Islamic religious education, so the researcher concludes that the concept of the development of science and technology in Islamic religious education is an effort to make the best use of the development of science and technology in creating creativity and interesting learning methods so that it can obtain the quality of education in accordance with the objectives of education. In Islamic religious education lessons themselves do not prohibit or discourage the use of technology in the learning process as long as it does not conflict with the values and teachings of Islam. However, in the use of science and technology, there are still many educators, especially PAI teachers who are still stuttering on the internet, so that abilities and skills are needed in the field of science and technology knowledge in today's digital era. Keywords: Technology, education, Islamic religious education learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 07:26
Last Modified: 25 May 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28291

Actions (login required)

View Item View Item