ANALISIS SIYASAH TANFIZIYYAH PADA KETERLIBATAN PEREMPUAN BANGSA TERHADAP KONTESTASI POLITIK (Studi Pada Tokoh Pemimpin Perempuan Bangsa Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tanggamus Periode 2021-2026)

RIKA, RAHAYU (2023) ANALISIS SIYASAH TANFIZIYYAH PADA KETERLIBATAN PEREMPUAN BANGSA TERHADAP KONTESTASI POLITIK (Studi Pada Tokoh Pemimpin Perempuan Bangsa Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tanggamus Periode 2021-2026). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIKA RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Saat Ini, Eksistensi Perempuan Dalam Kontestasi Politik Masih Minim Keterlibatannya. Hal Ini, Dapat Dilihat Dari Pengaruh Kebijakan Yang Dinilai Banyak Didominasi Oleh Kaum Laki-Laki. Bisa Kita Lihat, Pada Eksistensi Perempuan Bangsa Di Dpc Partai Kebangkitan Bangsa Tanggamus Periode 2021-2026 Yang Mempunyai Pengaruh Pemimpin Perempuan Terhadap Eksistensi Dalam Kontestasi Politik Di Partai Kebangkitan Bangsa. Atas Dasar Tersebut, Penelitian Ini Akan Meneliti Terhadap Faktor Pendukung Dan Penghambat Pemimpin Perempuan Bangsa Yang Mempengaruhi Kebijakan Dan Perpolitikan Di Partai Kebangkitan Bangsa. Adapun Judul Penelitian Ini Adalah Analisis Siyasah Tanfiziyyah Pada Keterlibatan Perempuan Bangsa Terhadap Kontestasi Politik (Studi Pada Tokoh Pemimpin Perempuan Bangsa Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tanggamus Periode 2021- 2026). Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Yaitu: Bagaimana Implementasi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 Tentang Pemilu Anggota Dpr, Dpd Dan Dprd Terhadap Keterwakilan Perempuan Dalam Kontestasi Politik Di Di Kantor Dpc Perempuan Bangsa Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tanggamus Priode 2021-2026?; dan Bagaimana Pandangan Siyasah Tanfiziyyah Terhadap Tokoh Kepemimpinan Perempuan Di Kantor DPC perempuan bangsa Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tanggamus Periode 2021-2026 dalam mempengaruhi Partai politik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berjenis Penelitian kualitatif yang bersifat deskripsi. Adapun metode sampel yakni non probality sampling yang berarti teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil dari Penelitian ini, maka dapat disimpulkan, bahwa keterlibatan dalam kontestasi Politik Perempuan Bangsa belum berhasil untuk memenuhi 30 % di kursi DPRD. Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Faktor Pendukung yaitu Persepsi Sosial yang baik dan memahami keadaan anggota Perempuan Bangsa, kemampuan berpikir abstrak yang memadai, keseimbangan emosional yang berjalan dan mendekatkan diri terhadap anggota, dan dukungan internal keluarga. Faktor Penghambat yaitu: anggaran; pembagian waktu; dan elektabilitas perempuan masih kurang dalam partai politik. Sedangkan Pandangan Siyãsah Tanfiziyyãh Terhadap Tokoh iii Kepemimpinan Perempuan Bangsa di Kantor Dewan Pimpinan Cabang Perempuan Bangsa PKB Kabupaten Tanggamus Periode 2021-2026 dalam Mempengaruhi Partai politik sangat baik yang telah dilakukan oleh kepemimpinan saat ini. Sehingga hal ini sesuai dengan konsep siyãsah tanfidziyyah yang taat terhadap kekuasaan (ulil amri). Kata Kunci : Pemimpin, Perempuan, siyasah Tanfiziyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 07:04
Last Modified: 25 May 2023 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28285

Actions (login required)

View Item View Item