KREATIVITAS GURU DALAM MENINGAKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI KELAS IV MI AL MAKMUR TANGGAMUS

Dwi, Rahmawati (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGAKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI KELAS IV MI AL MAKMUR TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of DWI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KREATIVITAS GURU DALAM MENINGAKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI KELAS IV MI AL MAKMUR TANGGAMUS Oleh : Dwi Rahmawati Kondisi dunia saat ini sedang terpapar oleh pandemi virus yang bernama Corona Virus (Covid- ), sehingga masyarakat didunia harus melalukan social distancing. di Indonesia pun diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga mengakibatkan semua kegiatan yang ada diluar sangat dibatasi termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga mengakibatkan sekolah-sekolah harus belajar melalui sistem daring dan luring. Melalui daring dan luring, pendidik pun sangat terbatas dalam melakukan metode pembelajaran seperti yang dilakukan di sekolah mengakibatkan berkurangnya motivasi untuk belajar dari dalam diri peserta didik. Dari latar belakang masalah yang saya angkat yaitu adanya hambatan peserta didik dalam belajar yaitu kurang bervariasinya model pembelajaran yang diberikan oleh pendidik sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dimasa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan dua variabel yaitu Variabel bebas kreativitas guru dan variabel terikat motivasi belajar. Lokasi penelitian yaitu di MI Al-Makmur Tanggamus. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran pada masa pandemi covid terhadap motivasi belajar siswa dan bagaimana kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dimasa pandemi. Adapun subjek dan objek yang dijadikan sebagai informan adalah peserta didik kelas IV dan wali kelas IV sumber data primer yang peneliti lakukan adalah melalui wawancara dengan pendidik. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan peserta didik Dari hasil penelitian yang didapat, disimpulkan bahwa terdapat motivasi belajar peserta didik pada masa pandemi covid dimana peserta didik terlihat aktif dalam pembelajaran, mendapatkan nilai yang baik, aktif bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan iv guru, dan rajin mengerjakan tugas-tugas, dengan adanya kreativitas guu dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan yaitu dapat dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi serta menggunakan buku tema yang ada, menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan video, memberikan reward kepada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar, memberikan pujian kepada peserta didik yang mampu menjawab atau mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran, selain itu juga guru melakukan ice breaking yang bertujuan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci: Kreatifitas guru, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 03:25
Last Modified: 25 May 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28271

Actions (login required)

View Item View Item