PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XII MIPA DI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG

ANNISA, RAHMA DESTIARA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XII MIPA DI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XII MIPA DI SMAN 6 BANDAR LAMPUNG Oleh Annisa Rahma Destiara Pesatnya perkembangan zaman di era globalisasi membentuk literasi sains benar-benar sangat penting untuk dikembangkan terutama dalam pembelajaran biologi berusaha untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang mempunyai bekal literasi sans, yaitu peserta didik dapat memiliki kepekaan diri, cermat, memilah, menerapkan dan berpartisipasi dalam kemajuan sains dan teknologi. Rendahnya kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik harus diperbaiki dengan model pemnbelajaran yang Guided Inquiry Laboratory. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model Guided Inquiry Laboratory terhadap kemampuan literasi sains kelas XII MIPA SMAN 6 Bandar Lampung, (2) pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry Laboratory terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 6 Bandar Lampung, (3) pengaruh model Guided Inquiry Laboratory terhadap kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas XII MIPA SMAN 6 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment design (eksperimen semu). Sampel pada penelitian ini diambil secara acak dengan teknik cluster random sampling sehingga didapat kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan model pembelajaranGuided Inquiry Laboratory sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan UJI MANOVA. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene’s, peroleh kedua data tersebut ialah normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA didpatkan taraf signifikansi < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diteriama. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry Laboratory memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Kata Kunci : Guided Inquiry Laboratory, Kemampuan Literasi Sains, Sikap Ilmiah iv ABSTRACT THE EFFECT OF THE GUIDED INQUIRY LABORATORY LEARNING MODEL ON SCIENCE LITERACY AND SCIENTIFIC ATTITUDE OF MIPA CLASS XII STUDENTS AT SMAN 6 BANDAR LAMPUNG By Annisa Rahma Destiara The rapid development of the times in the era of globalization forms scientific literacy which is really very important to develop, especially in learning biology trying to shape students to become human beings who have the provision of sans literacy, namely students can have self-sensitivity, be careful, sort, apply and participate in progress. science and technology. The low ability of scientific literacy and scientific attitudes of students must be corrected with the Guided Inquiry Laboratory learning model. Therefore, this study aims to determine (1) the effect of the Guided Inquiry Laboratory model on scientific literacy skills of class XII MIPA SMAN 6 Bandar Lampung, (2) the effect of the Guided Inquiry Laboratory learning model on scientific attitudes of class XII MIPA students of SMAN 6 Bandar Lampung , (3) the effect of the Guided Inquiry Laboratory model on scientific literacy skills and scientific attitudes of class XII MIPA students at SMAN 6 Bandar Lampung. This type of research is a quasi-experimental design. The sample in this study was taken randomly using the cluster random sampling technique so that class XII MIPA 1 was the experimental class and class XII MIPA 3 was the control class. The experimental class was given the Guided Inquiry Laboratory learning model while the control class used the Direct Instruction model. The data collection technique in this study was using the MANOVA TEST. Based on the results of the normality test using the Kolmogorov Smirnov test and the homogeneity test using the Levene's test, both data are normal and homogeneous, so for hypothesis testing using the MANOVA test a significance level of <0.05 is 0.001, which means H0 is rejected and H1 is accepted . So it was concluded that the use of the Guided Inquiry Laboratory learning model had an influence on scientific literacy abilities and scientific attitudes of students. Keywords: Guided Inquiry Laboratory, Scientific Literacy Ability, Scientific Attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2023 02:33
Last Modified: 25 May 2023 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28267

Actions (login required)

View Item View Item