PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG

SELA, OKTAPIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG Oleh Sela Oktapia Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia. Project Based Learning (PjBL) merupakan suatu model pemeblajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dicapai olehh peserta didik pada materi siste peredaran darah manusia. Pada penelitian ini mennggunakan jenis penelitian kuantitafif dengan metode Quasi Eksperimen yang berarti eksperimen yang tidak menempatkan subjek baik kedalam kelompok eksperimen maupun kelompok control. Subyek penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu pada peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan metode tes dengan memberikan soal serta penyebaran angket. Data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan uji t Test independent dengan aplikasi SPSS. Pada uji t test independent dengan nilai signifikansi sig.(2-tailed) menunjukan angka 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh terhadap kemampuan metakognitif peserta didik pada materi sistem peredaran darah manusia kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Project Based Learning(PJBL), Kemampuan Metakognitif, Sistem Peredaran Darah. iv ABSTRACT THE EFFECT OF PROJECT BASED LEARNING (PJBL) LEARNING MODEL ON STUDENTS' METACOGNITIVE ABILITY IN HUMAN BLOOD CIRCULAR SYSTEM MATERIALS CLASS XI IPA SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG By: Sela Oktapia The effect of the Project Based Learning (PjBL) learning model on students' metacognitive abilities in the subject of the human circulatory system. Project Based Learning (PjBL) is a learning model that uses projects or activities as a learning tool to achieve attitude, knowledge and skill competencies achieved by students in the human circulatory system material. In this study, the type of quantitative research was used with the Quasi-Experimental method, which means that the experiment did not place the subject either in the experimental group or in the control group. The subjects of this study consisted of two groups, namely students in class XI IPA 1 as the experimental class and class XI IPA 3 as the control class. Data collection in this study used the test method by providing questions and distributing questionnaires. The data obtained and analyzed using the independent t-test with the SPSS application. In the independent t test with a significance value of sig. (2-tailed) shows the number 0.000 which is less than 0.05 (0.000 <0.05) thus H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that the use of the Project Based Learning (PjBL) learning model has an influence on the metacognitive abilities of students in the human circulatory system material for class XI IPA SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Keywords: Project Based Learning (PJBL) Model, Metacognitive Ability, Circulatory System.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 06:40
Last Modified: 24 May 2023 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28257

Actions (login required)

View Item View Item