PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUMETODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 NATAR

SIGIT, INDAH SARI (2023) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUMETODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SIGIT INDAH SARI FIXX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU METODE EKSPERIMEN TERHADAPKEMAMPUAN METAKOGNITIF DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 NATAR Oleh Sigit Indah Sari Kemampuan metakognitif peserta didik yang masih rendah mengakibatkan peserta didik tidak mampu memanfaatkan kemampuan metakognitifnya saat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari�hari, terutama saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan metode eksperimen terhadap kemampuan metakognitif ditinjau dari minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Jenis Penelitian ini yang digunakan yaitu kuantitatif. Desain penelitian yaitu factorial 2x3 dengan pelakuan Posttest Only. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Natar. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Cluuster Random Samping dengan sampel VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian kemampuan metakognitif dan angket minat belajar. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis Two Way ANAVA dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji Two Way ANAVA dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai sig. < 0,05 sehingga H0A ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Flipped Classroom berbantuan metode eksperimen terhadap kemampuan metakognitif. Selanjutnya nilai sig. <0,05 sehingga H0B ditolak artinya terdapat pengaruh minat belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan metakognitif. iv Hipotesis ketiga diperoleh sig. > 0,05 sehingga H0B diterima artinya tidak terdapat interaksi model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan metode eksperimen terhadap kemampuan metakognitif ditinjau dari minat belajar peserta didik. Kata kunci : Model Flipped Classroom, Metode Eksperimen, Kemampuan Metakognitif, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 06:26
Last Modified: 24 May 2023 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28255

Actions (login required)

View Item View Item