PENGARUH PRESTASI BELAJAR PAI TERHADAP SELF CONTROL PESERTA DIDIK DI MTS DARUL MUQIMIN WAY KHILAU PESAWARAN

ADELIA, HAMIDATUL WAFA (2023) PENGARUH PRESTASI BELAJAR PAI TERHADAP SELF CONTROL PESERTA DIDIK DI MTS DARUL MUQIMIN WAY KHILAU PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI OKE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat self control peserta didik. Masih terdapat peserta didik yang berperangai tidak terpuji, mentaati peraturan sekolah karena takut pada hukuman, peserta didik yang tidak dapat mengontrol emosinya, meremehkan peraturan sekolah, kebiasaan menyontek, bermalas-malasan, bolos dan bullying hingga terjadi pertengkaran. Dan masih ada beberapa peserta didik yang memiliki prestasi belajar dalam aspek kognitif yang rendah atau dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap self control peserta didik di MTs Darul Muqimin. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh yang artinya seluruh populasi dijadikan sampel, jadi sampel yang digunakan seluruh peserta didik yang berprestasi kelas VII MTs Darul Muqimin sebanyak 68 peserta didik. Untuk mengumpulkan data self control menggunakan angket dengan skor skala Likert. Uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment Correlation. Uji reliabilitas instrument dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach‘s dan diperoleh nilai 0,685. Analisis data dan uji hipotesis menggunakan teknik regresi linear sederhana layak signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap self control peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan signifikansi 0,989 < 0,05 dan persamaan garis regresi Y= 2.195 + 0.495X, yang berarti jika prestasi belajar meningkat 1% maka self control akan meningkat sebesar 0,495. Dan diketahui bahwa nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,146. Besarnya angka koefisien determinasi atau R Square adalah 0,146 atau 14,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat sebesar 14,6%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain atau variabel yang tidak diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah prestasi belajar dapat iv mempengaruhi self control secara positif, terdapat sumbangan efektif variabel prestasi belajar terhadap self control sebesar 14,6%, dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dan H0 ditolak. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Self Control. v ABSTRACT This research is motivated by the low level of self-control of students. There are still students who behave dishonorably, obey school rules because they are afraid of punishment, students who cannot control their emotions, underestimate school rules, cheating, laziness, truancy and bullying until fights occur. And there are still some students who have learning achievements in low cognitive aspects or below the KKM. This study aims to determine the magnitude of the influence of Akidah Akhlak learning achievement on students' self-control at MTs Darul Muqimin. This research is an ex-post facto research using quantitative methods. The sample used in this study was a saturated sampling technique, which means that the entire population was used as a sample, so the sample used was all students who excel in class VII MTs Darul Muqimin as many as 68 students. To collect self-control data using a questionnaire with a Likert scale score. Test the validity of the instrument using the Product Moment Correlation formula. The instrument reliability test was calculated using the Alpha Cronbach's formula and obtained a value of 0.685. Data analysis and hypothesis testing using a simple linear regression technique deserves a significance of 5%. The results showed that learning achievement had a positive and significant effect on students' self-control. This is indicated by the significance of 0.989 <0.05 and the regression line equation Y = 2.195 + 0.495X, which means that if learning achievement increases by 1% then self control will increase by 0.495. And it is known that the value of the coefficient of determination or R Square is 0.146. The magnitude of the coefficient of determination or R Square is 0.146 or 14.6%. This figure means that the independent variable affects the dependent variable by 14.6%. While the rest is influenced by other variables or variables not examined. The conclusion of this study is that learning achievement can positively influence self-control, there is an effective contribution of learning achievement variables to self-control of 14.6%, and it can be concluded that Ha is accepted, and H0 is rejected. vi Keywords: Learning Achievement, Self Control.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 04:29
Last Modified: 24 May 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28251

Actions (login required)

View Item View Item