ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PELITA CABANG EMPAT KECAMATAN ABUNG SELATAN

Tina, Rahayu (2023) ANALISIS PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PELITA CABANG EMPAT KECAMATAN ABUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Tina 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Tina Rahayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan di sekolah dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Dengan mengetahui perbedaan gaya belajar setiap anak, maka dapat membantu guru dimanapun untuk dapat mendekati semua siswa hanya dengan menyampaikan informasi dengan dengan gaya yang berbeda. Dengan demikian, gaya belajar dapat menjadi kunci dari proses belajar itu sendiri. Dengan mengetahui gaya belajar yang sesuai maka guru ataupun orang tua dapat mengambillangkah-langkah yang tepat untuk menciptakan kondisi belajar yang seharusnya dialami oleh siswa dengan lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling adalah layanan bimbingan belajar, dimana dalam bimbingan dan konseling belajar merupakan proses bantuan untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam belajar dan memecahkan masalah-masalah belajar atau akademik. Dengan mengikuti bimbingan konseling belajar peserta didik yang belum memahami gaya belajarnya diajarkan untuk bisa memahami gaya belajarnya masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar peserta didik di SMP Pelita Cabang Empat Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan layanan bimbingan belajar yang dilakukan Guru BK berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari perubahan pemahaman peserta didik terhadap gaya belajar, yang setelah dilakukan bimbingan belajar pesrta didik mampu memahami gaya belajarnya masingmasing. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling melalui pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan belajar dapat memberikan pemahaman gaya belajar peserta didik. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Belajar, Gaya Belajar iii ABSTRACT Learning styles are key to developing performance on the job at school and in interpersonal situations. By knowing the differences in each child's learning style, it can help teachers everywhere to be able to approach all students simply by conveying information in different styles. Thus, learning styles can be the key to the learning process itself. By knowing the appropriate learning style, teachers or parents can take the right steps to create learning conditions that students should experience more easily and pleasantly. One of the services in guidance and counseling is tutoring services, wherein learning guidance and counseling is a process of assistance to facilitate students in developing understanding and skills in learning and solving learning or academic problems. By following the guidance of learning counseling students who do not understand their learning styles are taught to be able to understand their respective learning styles. The purpose of this study was to find out the description of the implementation of tutoring on the understanding of students' learning styles at SMP Pelita Cabang Empat, North Lampung. The research method used is qualitative research method. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that the tutoring service activities carried out by the counseling teacher are going well. It can be seen from changes in students' understanding of learning styles, which after tutoring students are able to understand their respective learning styles. So it can be concluded that tutoring services carried out by counseling teachers through the implementation of tutoring service activities can provide an understanding of students' learning styles. Keywords: Tutoring Services, Learning Styles

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 02:59
Last Modified: 24 May 2023 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28243

Actions (login required)

View Item View Item