Siskha, Oktiahara (2023) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menjahit Menggunakan Media Kain Perca di Tk Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kreativitas pada anak usia dini penting ditingkatkan, namun kenyataannya banyak anak yang kreatvitasnya tidak berkembang karena kurangnya fasilitas, media, metode dan model pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung melalui kegiatan menjahit menggunakan kain perca. Metode penelitan yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah TK Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung dengan Subjek anak kelas B2 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data di analisis melalui 3 siklus yang terdiri dari 4 tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, kreativitas mengalami peningkatan setelah diterapkan kegiatan menjahit. Pada siklus I peningkatan yang diperoleh 15%, Siklus II meningkat hingga 30% dan siklus III peningkatan kreativitas anak mencapai 80% dari 20 anak. Implikasi yang diperoleh adalah semakin bervariasi media yang digunakan kreativitas anak akan semakin meningkat. Kata Kunci: Kreativitas, Kegiatan Menjahit, Anak Usia Dini iii ABSTRACT Creativity in early childhood is important to increase, but in reality there are many children whose creativity does not develop due to a lack of facilities, media, methods and learning models implemented in schools. So this study aims to determine the increase in the creativity of children aged 5-6 years at TK Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung through sewing activities using patchwork. The research method used is Classroom Action Research (CAR). The research object was Aisyiyah 2 Kindergarten Kedaton Bandar Lampung with 20 children in class B2 as subjects. Data collection techniques were carried out using interviews, documentation, and observation techniques. Data were analyzed through 3 cycles consisting of 4 stages including planning, implementing actions, observing and reflecting. Based on the results of the study, it was found that creativity had increased after sewing activities were applied. In cycle I the increase was 15%, Cycle II increased to 30% and cycle III increased children's creativity reaching 80% of 20 children. The implication obtained is that the more varied the media used the child's creativity will increase. Keywords: Creativity, Sewing Activities, Early Childhood
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:56 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:56 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28242 |
Actions (login required)
View Item |