POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN ANAK SHOLEH DI KELURAHAN WATES TIMUR KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Intan, Revi Yulianti (2023) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN ANAK SHOLEH DI KELURAHAN WATES TIMUR KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUSI Intan Revi Yulianti.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Intan Revi Yulianti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pola komunikasi adalah cara komunikasi yang dilakukan orang tua terhadap anak dalam pengembangan sebuah kepribadian anak. Kita tidak dapat terlepas dari kegiatan komunikasi bahkan hampir setiap waktu yang kita habiskan adalah untuk berkomunikasi dengan orang disekitar kita, termasuk didalam lingkungan keluarga maka orang tua harus memilik komunikasi yang baik terhadap anak, yaitu komunikasi yang dilakukan terus menurus dan selalu menjadi contoh untuk anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana cara komunikasi orang tua dalam mengembangkan kepribadian anak shaleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Data primer dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pada orang tua yang mempunyai anak umur 6 sampai 11 tahun di Kelurahan Wates Timur Kecamatan Gadingrejo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori FIRO atau Fundamental Interpersonal Relationship Orientation oleh William Schuzt, dan teori model komunikasi Stimulus-respon, teori ini menjelaskan tentang kebutuhan manusia seperti rangsangan, respon,inklusi, kontrol dan afeksi Hasil penelitian menemukan bahwasanya pola komunikasi interpersoanal seperti rasa percaya, sikap suportif, dan sikap terbuka orangtua terhadap perkembangan kepribadian anak. Dan kepribadian misalnya mulai dari anak yang keras kepala, dingin dan suka melawan, hingga anak yang sopan santun lembut, ramah dan pengertian, menghormati orang tua. Komunikasi interpersonal orang tua berpengaruh terhadap keberhasilan penanaman ilmu agama anak, karena jika orang tua sering mengingatkan dan membujuk serta tidak marah, maka anak akan menuruti keinginan orang tuanya. Orang tua tidak hanya memberi sebuah arahan atau bimbingan, melainkan memberikan contoh dalam kehidupan nyata seperti, mengucapkan salam, berbicara sopan santun kepada setiap orang,beribadah,mengaji tepat waktunya,dan bersikap sesuai dengan ajaran Islam iv Kata kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Orang Tua,dan Kepribadian Anak Shaleh v ABSTRACT Pattern of communication is a way of communication that is done by parents to children in the development of a child's personality. We cannot be separated from communication activities, in fact almost every time we spend is communicating with people around us, including in the family environment, parents must have good communication with children, namely communication that is carried out continuously and always sets an example for their children. The formulation of the problem in this study is: how do parents communicate in developing the personality of pious children. The method used in this study is a qualitative method using a descriptive approach, namely research which is then processed and analyzed to draw conclusions. The primary data in this study used purposive sampling, namely parents who have children aged 6 to 11 years in East Wates Village, Gadingrejo District. The theory used in this study is the FIRO theory or Fundamental Interpersonal Relationship Orientation by William Schuzt, and the Stimulus-response communication model theory, this theory explains human needs such as stimulation, response, inclusion, control and affection. The results of the study found that interpersonal communication patterns such as trust, supportive attitudes, and parental open attitudes towards children's personality development. And personality, for example, starts from a child who is stubborn, cold and likes to fight, to a child who has gentle manners, is friendly and understanding, respects his parents. Parental interpersonal communication influences the success of inculcating children's religious knowledge, because if parents often remind and persuade and are not angry, then the child will obey the wishes of his parents. Parents do not only give direction or guidance, but provide examples in real life such as greeting, speaking politely to everyone, worshiping, reciting the Koran on time, and behaving in accordance with Islamic teachings. vi Keywords: Patterns of Communication, Interpersonal Communication, Parental Communication, and Personality of Godly Children

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 02:32
Last Modified: 24 May 2023 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item