EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG

Ais, Hendrawati (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya pandemi Covid-19 meberikan dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan terutama aspek pendidikan, dimana pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara konvensional harus dilalihkan sepenuhnya pada pembelajaran melalui daring. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila terlaksana dengan baik dan tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Persiapan yang baik dan matang sebelum pembelajaran dilaksanakan menjadi salah satu cara untuk membuat proses pembelajran menjadi efektif. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran melalui daring, serta kendala-kendala yang ada dalam proses pembelajaran PAI melalui daring. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh langsung dari responden yaitu wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari dokumentasi sekolah. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMP Kartika II-2 Bandar Lampung kurang efektif. Hal ini disebabkan dalam proses pelaksanaa pembelajaran daring masih menemui kendala dan hambatan. Seperti dengan sering terjadinya keterlambatan ketika pengumpulan tugas, kuota yang kurang dan sinyal yang kurang mendukung saat pembelajaran sedang berlangsung. Selain itu keseriusan siswa dalam proses belajar, karena faktor yang mendukung terjadinya kendala adalah seberapa seriusnya siswa memenuhi tuntutan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Kata Kunci : Efektifitas, Pembelajaran Daring, dan PAI iv ABSTRACT The existence of the Covid-19 pandemic has had a huge impact on various aspects of life, especially the education aspect, where learning that was previously done conventionally must be diverted entirely to online learning. A learning can be said to be effective if it is carried out properly and achieved in accordance with the expected goals. Good and thorough preparation before learning is carried out is one way to make the learning process effective. Thus, this study was conducted to determine the effectiveness of online learning in PAI subjects at Kartika II-2 Middle School in Bandar Lampung. This type of research is a qualitative descriptive research which can be seen from the process of implementing online learning, as well as the constraints that exist in the online PAI learning process. This study uses data collection techniques with interviews, observation, and documentation. Primary data sources were obtained directly from respondents, namely vice principals, teachers, and students. While the secondary data sources are taken from school documentation. Data analysis techniques in this study used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Test the validity of the data using triangulation techniques. The results of this study indicate that online learning on PAI subjects at SMP Kartika II-2 Bandar Lampung is less effective. This is because in the process of implementing online learning there are still obstacles and obstacles. As with the frequent occurrence of delays when collecting assignments, insufficient quotas and unsupportive signals while learning is taking place. In addition, the seriousness of students in the learning process, because the factors that support the occurrence of obstacles are how seriously students meet the demands of online learning. Keywords: Effectiveness, Online Learning, and PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 02:23
Last Modified: 24 May 2023 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28235

Actions (login required)

View Item View Item