AGAMA DAN MULTIMEDIA (Studi Pada Komunitas Ahmadiyah)

ABID, ATHA AMRU PUTRA (2023) AGAMA DAN MULTIMEDIA (Studi Pada Komunitas Ahmadiyah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ABID ATHA AMRU PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Gerakan Ahamdiyah adalah salah satu kelompok pergerakan pembaharuan dalam Islam yang didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad, pada abad 19. Ahmadiyah merupakan gerakan minoritas di Indonesia, mereka dikenal dengan nama Ahmadiyah Lahore. Multimedia digunakan sebagai salah satu media dakwah yang digunakan oleh Gerakan Ahamdiyah dalam menyebarkan pahamnya. Pada penelitian ini memiliki dua rumusan masalah: Bagaimana aktivitas Ahmadiyah di media sosial? Bagaimana strategi Ahmadiyah dalam mempertahankan eksistensinya di Media Sosial? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berjenis analisis framming media (penelitian framming media). Metode pengumpulan datanya ialah dokumentasi (website ahmadiyah.org dan chanel Youtube GAI TV). Teknik pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan teologi. Sehingga pada tahap pengolahan datanya ada penyeleksian isu dan penonjolan fakta. Hasil penelitian menunjukann Ahamadiyah sebagai gerakan keagamaan aktif di media sosial. Mereka berdakwah atau menyebarkan ajarannya melalui tulisan-tulisan di website, konten video Youtube serta membagikan e-book gratis. Selain itu pula website ini menjadi tempat komunikasi bagi setiap orang yang ingin mendapatkan “pengetahuan” mengenai Ahmadiyah. Stategi yang mereka gunakan Pertama, dalam hal ini GAI menggunakan strategi bertahan, dalam artian tidak menyerang atau berpolitik untuk mendapatkan massa dari kelompok lain Kedua, GAI berdakwah di media sosial untuk tetap bisa mendakwahkan Islam. Mereka menggunakan website dan Youtube (GAI TV) sebagai media dakwahnya. Kata Kunci: Agama, Multimedia, Ahmadiyah. ABSTRACT The Ahmadiyya movement is one of the reform movement groups in Islam founded by Mirza Ghulam Ahmad, in the 19th century. Ahmadiyah is a minority movement in Indonesia, they are known as Ahmadiyah Lahore. Multimedia is used as one of the da'wah media used by the Ahmadiyya Movement in spreading its ideas. This study has two problem formulations: How are Ahmadiyya's activities on social media? What is Ahmadiyah's strategy in maintaining its existence on social media? This research is a qualitative research, with the type of media framming analysis (media framming research). The data collection method is documentation (ahmadiyah.org website and GAI TV Youtube channel). The approach technique in this study uses a phenomenological and theological approach. So that at the data processing stage there is a selection of issues and highlighting facts. The results of the study show that Ahmadiyah is an active religious movement on social media. They preach or spread their teachings through writings on the website, YouTube video content and distributing free e-books. In addition, this website is a place of communication for everyone who wants to gain "knowledge" about Ahmadiyah. The strategy they use First, in this case GAI uses a defensive strategy, in the sense that it does not attack or engage in politics to gain mass from other groups. Second, GAI preaches on social media to continue to be able to preach Islam. They use the website and Youtube (GAI TV) as their da'wah media. Keywords: Religion, Multimedia, Ahmadiyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 07:31
Last Modified: 23 May 2023 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28228

Actions (login required)

View Item View Item