PERBANDINGAN METODE IQRA’ DAN METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’A>N

Arif, Budiman (2023) PERBANDINGAN METODE IQRA’ DAN METODE WAFA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’A>N. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS'.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ARIF FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persamaan dan perbedaan metode iqra‟dan metode wafa dalam pembelajaran al-Qur'a>n dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode iqra‟ dan metode wafa dalam meningkatkan kelancaran bacaan al-Qur'a>n. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kepustakaan dan studi lapangan. Penelitian skripsi ini bersifat deskriptif analisis komparatif. Yang dikaji dengan cara menganalisis materi yang telah disajikan dalam buku panduan metode iqra‟ dan metode wafa. Kemudian melakukan penelitian langsung di lapangan dengan mengambil objek penelitian metode Iqro di TPA Al Fajar Sukarame Bandar Lampung dan metode wafa di SDIT Ar-Ra‟uf Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Selanjutnya, melakukan perbandingan terhadap kedua metode tersebut untuk memperoleh informasi tentang bagaimana persamaan dan perbedaan kedua metode tersebut dan bagaimana pengaruh kedua metode tersebut dalam meningkatkan kelancaran bacaan al-Qur'a>n. Hasil penelitian skripsi ini dapat disimpulkan, bahwasanya metode iqra‟ dan metode wafa sama-sama memiliki serangkaian pembelajaran yang dimulai dari pembukaan, inti, penutup, dan evaluasi. Berisi materi yang diajarkan secara bertahap, terdapat pembelajaran ilmu-ilmu tajwid serta petunjuk belajar untuk mempermudah guru dalam memberikan pelajaran. Sedangkan, perbedaan metode iqra‟ dan metode wafa adalah sebagai berikut; dari segi pembelajaran metode Wafa sangat memperhatikanmutu pengajaran dengan serangkaian mekanisme (syahadah/sertifikat) dan metode iqra‟ tidak ada. Metode iqra‟ dengan pendekatan CBSA (6 jilid) dan metode wafa dengan pendekatan Quantum Teaching TANDUR (7 jilid). Pengaruh pembelajaran al-Qur'a>nmetode iqra‟ metode wafa dalam meningkatkan kelancaran bacaan al-Qur'a>nadalah sebagai berikut; Penulis mengambil objek penelitian di TPA Al Fajar Sukarame dan metode wafa di SD IT Ar-Ra‟uf Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Kedua metode pembelajaran ini sama-sama mampu meningkatkan kelancaran bacaan santri. Metode Iqra berisi materi�materi dasar yang dapat memudahkan murid dalam memahami bacaan, begitupun metode wafa dilengkapi dengan pendekatan TANDUR Yaitu ,Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi Dan Rayakan. Buku panduan Wafa dilengkapi dengan gambar�gambar dan pembelajaran dilakukan dengan gerakan-gerakan guna meningkatkan daya ingat peserta didik dalam mengingat bacaan�bacaanal-Qur'a>n. Jika dilihat dari segi metode pembelajarannya, metode Iqra lebih efektif dibandingkan dengan metode Wafa untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran al-Qur‟a>n. Metode iqra lebih efektif untuk pemula dan semua usia, sedangkan metode wafa lebih dominan ke hal yang menarik untuk anak-anak. Kata Kunci :Pembelajaran al-Qur'a>n, Perbandingan Metode Iqra dan Metode Wafa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 07:26
Last Modified: 23 May 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28227

Actions (login required)

View Item View Item