EKSPERIMENTASI TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KUALITAS WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA

UMI, FAJRIATUL QODRIAH (2023) EKSPERIMENTASI TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KUALITAS WAKTU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI UMI FAJRIATUL QODRIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK EKSPERIMENTASI TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Oleh UMI FAJRIATUL QODRIAH Penelitian ini berjudul Eksperimentasi Teknik Self�Management Terhadap Kualitas Waktu Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pagar Dewa. Kualitas waktu belajar yang cukup dan instruksi yang tepat, secara bersamaan sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Waktu siswa hanya digunakan untuk bermain dan memikirkan hal apa yang akan mereka kerjakan setelah pulang sekolah, Sehingga tidak memanfaatkan waktu belajar dengan baik. Dengan demikian efektif dan efisiennya waktu turut menentukan kualitas belajar siswa yang sekaligus mempengaruhi hasil belajar siswa. Waktu belajar dianggap sebagai salah satu faktor penting yang menguasai pembelajaran siswa dan keberhasilan akademisnya. Oleh karena itu, untuk mengevaluasi waktu yang dihabiskan oleh siswa saat membaca materi dengan membandingkan ukuran obyektif waktu belajarnya. Teknik self-management merupakan aturan atau tindakan untuk individu menerapkan bantuan untuk berlatih, sehingga mereka dapat mengembangkan potensi dan memecahkan masalah dengan menerapkan serangkaian prinsip atau prosedur termasuk pengantauan diri dan penguatan positif (self-reward). Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kualitas waktu belajar pada peserta didik ADP. Pada fase baseline A1, terlihat kualitas waktu belajar peserta didik meningkat. Pada fase intervensi B, diberikan intervensi menggunakan teknik self-management yang menunjukkan peningkatan kualitas waktu belajar peserta didik. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikannya iii intervensi dan menunjukkan hasil peningkatan stabil. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa kualitas waktu belajar diluar jam pelajaran terhadap peserta didik di SMA Negeri 1 Pagar Dewa dapat ditingkatkan menggunakan teknik self-management. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan yaitu waktu belajar yang ada pada salah satu peseta didik kelas XI merupakan menyediakan waktu belajar dalam menaati jadwal waktu yang telah dibuat dengan adanya perubahan peningkatan waktu belajar dilakukannya intervensi kepada peserta didik tersebut. Hal ini membuktikan bahwa self-management dapat merubah kualitas waktu belajar peserta didik Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pagar Dewa. Kata kunci : Teknik self-management, kualitas waktu belajar iv ABSTRAK EXPERIMENTATION OF SELF-MANAGEMENT TECHNIQUES ON THE QUALITY OF LEARNING TIME FOR CLASS XI STUDENTS IN AT SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA By UMI FAJRIATUL QODRIAH This study is entitled Experimentation of Self-Management Techniques on the Quality of Study Time for Class XI Students at SMA Negeri 1 Pagar Dewa. Adequate quality study time and appropriate instruction simultaneously greatly affect student learning outcomes. Student time is only used to play and think about what they will do after school, so they do not make good use of study time. Thus the effectiveness and efficiency of time also determines the quality of student learning which also influences student learning outcomes. Study time is considered to be one of the important factors governing student learning and academic success. Therefore, to evaluate the time spent by students while reading the material by comparing the objective measures of their study time. Self-management techniques are rules or actions for individuals to apply assistance to practice, so that they can develop their potential and solve problems by applying a series of principles or procedures including self-monitoring and positive reinforcement (self-reward). This research is a study using the Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A design. The results show an increase in the quality of study time for ADP students. In the baseline phase A1, it can be seen that the quality of students' learning time has increased. In the intervention phase B, intervention was given using self�management techniques which showed an increase in the quality of students' study time. Then given another observation in the baseline A2 phase without giving intervention and showing stable improvement results. Based on this, it can be stated that the quality of v study time outside class hours for students at SMA Negeri 1 Pagar Dewa can be improved using self-management techniques. Based on the research that the researchers did, namely the study time available to one of the class XI students was to provide study time in complying with the time schedule that had been made with changes in increasing study time by carrying out interventions for these students. This proves that self-management can change the quality of study time for Class XI students at SMA Negeri 1 Pagar Dewa. Keywords: Self-management technique, quality of study time

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 06:59
Last Modified: 23 May 2023 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28226

Actions (login required)

View Item View Item