UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MENJALANKAN IBADAH SHALAT DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, YOGA SETIAWAN (2023) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MENJALANKAN IBADAH SHALAT DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 YOGA.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AN YOGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat siswa dan untuk mengetahui faktor penghambat bagi guru PAI dalam mendisiplinkan shalat siswa. Adapun penelitian yang penulis gunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari manusia dan data yang bersumber dari non-manusia. Data dari manusia diperoleh dari orang yang menjadi informan, dalam hal ini orang yang menjadi subyek penelitian yaitu Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Sumber data yang lain berasal dari peserta didik SMA Al- Azhar 3 Bandar Lampung yang berperan langsung sebagai pelaku dalam melaksanakan pembelajaran yang inspiratif . Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses analisis data yang dilakukan penulis adalah pertama dengan mereduksi data, yaitu dengan memilah dan memilih data yang pokok dan memfokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat peserta didik, kemudian menyajikannya dalam bentuk data yang terorganisir agar lebih mudah untuk dipahami dan tahap terakhir yang peneliti lakukan adalah dengan menyimpulkan dari data-data yang peneliti dapatkan di lapangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis terdapat beberapa hal yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, antara lain : Menanamkan nilai-nilai agama melalui keteladanan, Memberikan Motivasi, membiasakan, Memberikan Hukuman, dan kerja sama antar guru atau staf. Selanjutnya faktor yang mengahambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa menjalankan ibadah sholat di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, lingkungan keluarga, siswa kurang motivasi, bawaan siswa masing masing, faktor kurang kesadaran diri sendiri,kurang pemahaman siswa pentingnya sholat berjama’ah. Oleh sebab itu dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melaksanakan ibadah sholat di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung memberikan andil yang cukup besar dalam keterampilan siswa untuk mengerjakan sholat berjamaah. Kata Kunci : Upaya, Kedisplinan, Ibadah Sholat iii ABSTRACT The purpose of this study was to find out the efforts of PAI teachers in improving students' prayer discipline and to find out the inhibiting factors for PAI teachers in disciplining student prayers. The research that the authors use is descriptive research with a qualitative approach. The data sources obtained are from humans and data from non�humans. Data from humans were obtained from people who were informants, in this case the people who were the research subjects, namely Islamic Religious Education Teachers (PAI). Another source of data comes from students of SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung who play a direct role as actors in carrying out inspirational learning. Data collection was carried out by observation, interview and documentation methods. The process of data analysis carried out by the author is first by reducing the data, namely by sorting and selecting the main data and focusing on matters related to the efforts of PAI teachers in improving the discipline of students' prayer, then presenting it in the form of organized data to make it easier to be understood and the final stage that researchers do is to conclude from the data that researchers get in the field. Based on the research conducted by the author, there are several things that are applied by PAI teachers in improving student discipline at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, including: Instilling religious values through exemplary, Providing motivation, getting used to, Giving Punishment, and cooperation between teachers or staff. Furthermore, the factors that hinder the efforts of PAI teachers in increasing the discipline of students in praying at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, the family environment, students lack motivation, the nature of each student, the factor of lack of self-awareness, students' lack of understanding of the importance of praying in congregation. Therefore it can be concluded that the role of the Islamic religious education teacher in increasing the discipline of students in carrying out prayer services at Al-Azhar 3 High School Bandar Lampung contributes quite a lot to students' skills in praying in congregation. Keywords : Effort, Discipline, Prayer Worship

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 04:05
Last Modified: 23 May 2023 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28220

Actions (login required)

View Item View Item