METODE PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MENURUT JALALUDDIN RAKHMAT

Erviana, Nova (2018) METODE PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK MENURUT JALALUDDIN RAKHMAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NOVA_FIX.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Setiap anak yang lahir telah membawa potensi untuk kebaikan, itu akan menumbuhkan potensi dan kebutuhan untuk mengenal dan dekat dengan Allah yang menciptakannya. Komunikasi yang dibangun akan memunculkan sikap terpuji dan selalu condong ke kebijakan inilah karakteristik potensi spiritual yang mengandung tinggi nilai kemanusiaan. Perkembangan kepribadian anak dewasa ini cukup memperihatinkan karena sangat banyak terjadi kenakalan anak baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan masyarakat. Oleh karena itu tentu sudah menjadi kewajiban orangtua untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual dalam diri anak. Melalui orangtualah anak memperoleh pengetahuan dalam mencapai pemahaman spiritual. Sehingga jelas orangtua peran kunci dalam berkembangnya kecerdasan spiritual anak. Semakin bermakna hidup anak secara spiritul maka akan semakin kokoh jiwa anak dalam menghadapi godaan negatif dari lingkungan yang akan menghancurkan hidupnya. Selain itu anak semakin mampu menerapkan kebajikan dan kearifan spiritual dalam perilakunya sehari-hari, sehingga memiliki kepribadian yang kokoh secara spiritual. Ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual yang optimal pada anaknya. Jalaluddin Rahmat menyampaikan metode/cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak yaitu: 1. Jadilah Kita Teladan yang Baik, 2. Membantu Anak Merumuskan “Misi” Hidupnya, 3. Membaca Al-Quran dan Menjelaskan Makna, 4. Menceritakan Kisah-Kisah Agung Spiritual, 5. Mendiskusikan Berbagai Persoalan dengan Perspektif Ruhaniah, 6. Melibatkan Anak dalam Kegiatan-Kegiatan Ritual Keagamaan, 7. Membacakan Puisi atau Lagu yang Spiritual dan Inspirasional, 8. Membawa Anak untuk Menikmati Keindahan Alam, 9. Membawa Anak Ketempat Orang-Orang yang Menderita, 10. Mengikut Sertakan Anak dalam Kegiatan-Kegiatan Sosial. Dilihat dari jenis penelitiannya penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan, adapun yang dimaksud library research adalah proses kegiatan menelaah dan membaca bahan-bahan pustaka seperti buku-buku atau dokumen dokumen yang ada di perpustakaan. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian deskriptif analisis kualitatif, karena bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, dan akurat mengenai fakta-fakta. Berdasarkan sifat penelitian ini penulis akan berusaha menggali data dari buku-buku, yang terkait dengan judul Penulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2018 04:18
Last Modified: 03 Jan 2018 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item