PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2021)

PUTRI, LULU LATIFAH (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2018-2021). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisa pengaruh ukuran perusahaan dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dalam hal ini menggunakan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2018-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder model panel dari tahun 2018-2021 yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia, website resmi perusahaan dan yahoo finance. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 49 perusahaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel berjumlah 10 perusahaan dalam pengamatan 4 tahun sehingga total data pengamatan berjumlah 40 sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi Pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier data panel dan moderated regression analysis dan akan diolah dengan software eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak mampu memoderasi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas mampu memoderasi corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2018-2021. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Profitabilitas. Ukuran Perusahaan. ABSTRACT This study aims to analyze the effect of firm size and disclosure of corporate social responsibility on firm value with profitability as a moderating variable in 2018-2021. This research uses a case study approach, in this case using companies listed in Jakarta Islamic Index (JII) for the 2018-2021 period. This research is quantitative. The type of data used is secondary panel model data from 2018-2021 obtained from the Indonesia Stock Exchange website, the company's official website, and yahoo finance. The population in this study was 49 companies. The sampling technique in this study used the purposive sampling method with a sample of 10 companies in 4 years of observation so that the total observation data amounted to 40 samples. The data collection technique in this study is a literature study. The analysis method used is linear regression panel data and moderated regression analysis and will be processed with eviews 12 software. The results showed that firm size affects firm value, corporate social responsibility does not affect firm value, profitability is not able to moderate firm size to firm value and profitability can moderate corporate social responsibility to firm value in companies listed in Jakarta Islamic Index (JII) for the 2018-2021 period. Keywords: Corporate Social Responsibility, Firm Value, Profitability, Firm Size.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 03:06
Last Modified: 23 May 2023 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28212

Actions (login required)

View Item View Item