ANALISIS PENGARUH KONFORMITAS, ORIENTASI FASHION DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF DENGAN KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswi Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung)

Gea, Yosita (2023) ANALISIS PENGARUH KONFORMITAS, ORIENTASI FASHION DAN KONSEP DIRI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF DENGAN KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswi Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI GEA YOSITA mei.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh variabel independen Konformitas, Orientasi Fashion dan Konsep diri terhadap variabel dependen perilaku pembelian kompulsif. Serta menguji apakah variabel moderasi kontrol diri dapat memoderasi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Di dalam penelitian ini mendeskripsikan tentang gaya yang selalu mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Kehidupan yang semakin modern membawa manusia pada pola perilaku yang unik, yang membedakan individu satu dengan individu lain dalam persoalan gaya hidup. Mahasiswa yang tergolong remaja menemukan adanya pergaulan dilingkungan sekitarnya yang mengaruh pada pemenuhan kebutuhan hidup. Kebiasaan remaja yang memiliki kecenderungan gaya hidup hedonis biasa cenderung memenuhi keinginan dan akan berusaha agar sesuai dengan status sosial melalui gaya hidup yang tercermin dengan simbol-simbol tertentu, seperti fashion yang update, barang yang bermerek dan segala sesuatu yang berhubungan serta dapat menunjukan tingkat status sosial yang tinggi. Hal ini membawa mahasiswa untuk berperilaku kompulsif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif dengan sampel sebanyak 84 Mahasiswi Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung. Metode analisis data menggunakan SEM (Structural equation modeling) dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dan mengolah data dilakukan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel konformitas, orientasi fashion dan konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif. Konformitas, Orientasi Fashion dan Konsep Diri berpengaruh dengan arah negatif tidak signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif dengan dimoderasi oleh variabel kontrol diri. Dalam perspektif ekonomi Islam perilaku pembelian kompulsif merupakan sifat konsumsi negatif seseorang yang dilakukan atas dorongan dalam diri seseorang sehingga dapat menimbulkan pemborosan dan pembelian berlebihan. Kata kunci : Konformitas, orientasi fashion, konsep diri, pembelian kompulsif dan kontrol diri. ABSTRACK This study aims to examine and analyze the effect of the independent variables Conformity, Fashion Orientation and Self�concept on the dependent variable compulsive buying behavior. As well as testing whether the self-control moderating variable can moderate the relationship between the independent variable and the dependent variable. In this study describes a style that always changes with the times. An increasingly modern life brings humans to a unique pattern of behavior, which distinguishes one individual from another in matters of lifestyle. Students who are classified as teenagers find that there is association in the surrounding environment which influences the fulfillment of life's needs. The habits of adolescents who have a tendency to an ordinary hedonic lifestyle tend to fulfill desires and will try to match social status through a lifestyle that is reflected in certain symbols, such as updated fashion, branded goods and everything related and can show the level of social status tall one. This leads students to behave compulsively. This study used a quantitative approach with a sample of 82 Islamic Business Management Students at UIN Raden Intan Lampung. The data analysis method uses SEM (Structural equation modeling) using Partial Least Square (PLS) and data processing is done using SmartPLS 3 software. The results showed that conformity, fashion orientation and self-concept variables significantly influence compulsive buying behavior. Conformity, Fashion Orientation and Self-Concept have an insignificant negative effect on compulsive buying moderated by self�control variables. In the perspective of Islamic economics, compulsive buying behavior is a negative consumption trait of a person that is carried out on encouragement within a person so that it can lead to waste and excessive purchases. Keywords: Conformity, fashion orientation, self-concept, compulsive buying and self-control.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 02:56
Last Modified: 23 May 2023 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28209

Actions (login required)

View Item View Item