PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLEMING VARK DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Desi, Vitona (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLEMING VARK DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Desi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran matematika untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Tunas Dharma Way Galih masih tergolong rendah, karena peserta didik kesulitan dalam menjawab soal yang sedikit berbeda dari contoh dan kurang variatif-nya model pembelajaran yang digunakan. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan dengan mengontrol self concept peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran fleming VARK dan self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian factorial 1 2. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Thunas Dharma Way Galih. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah cluster random sampling dengan materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket self concept dan tes kemampuan pemahaman konsep. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikan 5 diperoleh (1) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran fleming VARK terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dengan mengontrol self concept. (2) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh variabel kovariat self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. (3) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran fleming VARK dan self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Fleming VARK, Self Concept, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 08:35
Last Modified: 23 May 2023 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28206

Actions (login required)

View Item View Item