Metode Pendidikan Akhlak di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Plus Baitul Ulum Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan

Yusron , Muhammad (2017) Metode Pendidikan Akhlak di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Plus Baitul Ulum Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Halaman_depan.pdf]
Preview
PDF
Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
PDF
Download (322kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Orisinalitas.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an sebagai dasar (rujukan) Ilmu Akhlak yang pertama, hal ini dinilai karena keontetikannya yang lebih tinggi, dibandingkan dengan dasar-dasar yang lain. Mengingat al-Qur’an merupakan firman Tuhan, sehingga tidak ada keraguan baginya untuk dijadikan sebagai dasar atau asas. Walau nantinya ada beberapa perangkat yang diperlukan untuk mendukungnya. Dan tidak akan dibahas di sini, karena ada ilmu khsusus yang membahasnya. Nilai-nilai yang ditawarkan oleh Al-Qur’an sendiri sifatnya komprehensif. Perbuatan baik dan buruk sudah dijelaskan di dalamnya. Hanya saja, ada yang perlu diperhatikan. Mengingat ada banyak ayat-ayat al-Qur’an yang membutuhkan penafsiran. Sehingga untuk mememudahkan, orang-orang akan merujuk kepada al-Hadits (sebagai Asbabun Nuzul suatu ayat) dan al-Aqlu (penalaran akal). Sejauh manakah campur tangan kedua dasar tersebut pada persoalan Ilmu Akhlak. Pastinya al-Hadits dan al-Aqlu tidak akan merubah pesan yang ingin disimpaikan oleh al- Qur’an. Dengan demikian sehingga penulis merumuskan judul Metode Pendidikan Akhlak di TPQ Plus Baitul Ulum Kec. Kalianda Kab.Lampung Selatan. Tujuan Penelitian adalah Untuk mengetahui Bagaimana Metode Pendidikan Akhlak di TPQ Plus Baitul Ulum Kecamatan Kalianda Kab. Lampung Selatan . Adapun metode yang digunakan pendekatan diskriptif Kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan para siswa, dan dalam penelitian ini penulis tidak menyempel sehingga para siswa dan guru dijadikan subjek dalam pengamatan yang di lakukan . Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi , wawancara , dokumentasi . untuk menganalisa hasil penelitian penulis melakukan penarikan kesimpulan dengan cara nduktif .Dengan menggunakan analisis tersebut maka penulis mengemukakan dapat penulis ungkapkan ada berapa temuan peneliti dalam prosespengamatan dan wawancara yaitu: Pertama , Proses Pembelajaran pada TPQ Plus Baitul Ulum tidaklah sama dengan sekolah atau lembaga pendidikan formal pada umum nya dengan pertemuan 5 x 1 pekan dengan pembalajaran di mulai dari hari senin, selasa, rabu , kamis dan minggu dan libur jatuh pada hari jum’at dan sabtu. Kedua , dalam penerapan metode Pendidikan/ Pembinaan Akhlak pada siswa-siswa di TPQ plus Baitul Ulum digunakan dengan menggunakan model Keteladanan dalam setiap aktivits mengajar dan juga di berlakukan nya Pembiasaan –pembiasaan yang sudah penulis kemukakan sebagai bentuk pembentukan mental Spirtual anak-anak ini kedepanya. Ketiga , Antusias Masyarakat di kelurahan kalianda tersebut sangat antusias mendukung adanya kegiatan TPQ Baitul Ulum ini ,semua ini bisa dilihat dari beberapa orang tua siswa yang setiap tahun ada pendaftaran murid baru TPQ Baitul Ulum selalu menjadi pusat kegiatan pendidikan Nonformal yang di tuju oleh banyak masyarakat khusus nya bagi orang tua yang ingin melihat anak-anak nya berkembang lebih baik lagi .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:32
Last Modified: 07 Mar 2017 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item