STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020)

Nike, Lidiya Sari (2023) STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NIKE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pilkada merupakan pintu masuk untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang mendapat legitimasi luas dari masyarakat pemilih. Pilkada merupakan kepentingan masyarakat dalam menentukan pemimpin/wakil di masing-masing tingkatan. Hal ini dapat membutuhkan partisipasi masyarakat yang ada di tingkat tersebut dalam proses dan praktik politik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Strategi KPU dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020).” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi KPU Dalam meningkatkan partisipasi pemilih di masa pandemi covid-19 pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat tahun 2020 di Desa Pugung Malaya Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat? Dan (2) Bagaimana evaluasi Kinerja Strategi KPU dalam meningkatkan Partisipasi Pemilih di Masa pandemi covid-19 pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat di Desa Pugung Malaya Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat? Pada Penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menentukan sampel, serta menggunakan teknik snowball sampling dalam sumber data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya strategi yang dilakukan KPU Kabupaten Pesisir Barat dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat priode tahun 2020-2024 di Desa Pugung Malaya Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat dapat dilihat dari bentuk sosialisasinya yaitu dengan beberapa cara, dengan menggunakan media sosial dan media daring. Sosialisasi yang dilakukan kepada tiga segmen masyarakat diantaranya yaitu anak-anak Sma, mahasiswa dan Masyarakat umum sesuai dengan metode yang digunakan. Penyebab adanya covid-19, pemilih enggan menggunakan hak pilihnya saat pilkada yaitu kurangnya penyampaian terhadap pemilih yang tidak percaya, kepada pemimpinya dan adanya sifat acuh yang ada pada diri masyarakat khususnya pada pemilih. Melalui Strategi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terdapat peningkatan partisipasi pemilih pemula pada pemilihan daerah, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat priode Tahun 2020-2024 iii yaitu mencapai 84,08% pada tahun 2020 di bandingkan dengan partisipasi pemilih pada tahun 2015 sebesar 76,84%. Kata Kunci: Strategi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partisipasi,Pemilihan kepala-wakil kepala daerah (Pilkada).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 07:33
Last Modified: 22 May 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28196

Actions (login required)

View Item View Item