MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANUDDIN BANDAR LAMPUNG

Adi, Faizal (2023) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANUDDIN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADI FAIZAL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan suatu ilmu/seni yang berisi aktivitas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengendalian (controlling) Manajemen kurikulum merupakan suatu kegiatan yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, yang menekankan pada kualitas atau mutu suatu penelitian, yang mengacu pada teori. Desain penelitian bersifat deskriftif kualitatif maka fokus penelitian bertujuan pada Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian tentang Manajemen Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung Plan, Do, Check, Action, ( Merencanakan, Rencana, memeriksa, Penyesuaian / Evaluasi ) sebagai Berikut: 1) merencanakan ialah agar tidak salah dalam menentukan tujuan, sekolah menetukan apa-apa yang akan dibutuhkan untuk tahun depan dari rencana kerja kepala sekolah setiap tahunnya dan untuk memenuhi kebutuhan dari guru�guru maka setiap guru mata pelajaran bisa langsung melaporkan apa saja kebutuhan dan keinginan mereka pada saat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan Manajemen Mutu Pendidikan agar dapat membantu mereka dalam pengajaran dan untuk organisasi yang ada disekolahpun juga sama seperti itu sehingga tercaainya tujuan yang diingikan oleh pendidikan dengan memiliki mutu pendidikan yang berkualitas, dengan merencanakan proses pembelajaran terlebih dahulu dimulai dari tenaga pendidinya terlebih dahulu. Baru kemudian disampaikan kepada peseta didik pada saat dilakukanya pembelajaran. 2) rencana ialah agar tidak salah dalam menentukan tujuan, sekolah menetukan apa-apa yang akan dibutuhkan untuk tahun depan dari rencana kerja kepala sekolah setiap tahunnya iii dan untuk memenuhi kebutuhan dari guru-guru maka setiap guru mata pelajaran bisa langsung melaporkan apa saja kebutuhan dan keinginan mereka pada saat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan Manajemen Mutu Pendidikan agar dapat membantu mereka dalam pengajaran dan untuk organisasi yang ada disekolahpun juga sama seperti itu sehingga tercaainya tujuan. 3) Pemeriksaan dalam merencanakan dan rencana manajemen mutu pendidikan di Mts Hasanuddin Bandar lampung dapat berjalan secara efektif dan efesien. Hasil yang ditemukan adalah mengenai pemeriksaan atau meneliti penetapan apakah pelaksanaan dalam konteksnya sebuah perencanaan manajemen mutu pendidikan dari rencana kerja kepala sekolah setiap tahunnya dan untuk memenuhi kebutuhan dari guru-guru maka setiap guru mata pelajaran bisa langsung melaporkan apa saja kebutuhan dan keinginan mereka pada saat melakukan proses pembelajaran. 4) Action penyesuan bila dianggap erlu maka harus dilakukan analisis ataupun dilakukan evaluasi proses pembelajaran yang telah di rencanakan. Apabila sudah berjalan dengan baik maka ditingkatkan lagi dalam penyampaian tenaga pendidik untuk meningkatan mutu pendidikan di MTs Hasanudin Bandar Lampung. Jika memang belum berjalan dengan yang diharapakan maka akan di lakukan evaluasi pada proses pembelajaran di dalam kelas dengan melihat hasil belajar peserta didik selama kurang lebih 1 tahun di terapkanya perencanaan pembelajaran yang efektif dan efesian untuk meningkatak mutu pendidikan. Kata Kunci : Manajemen Mutu Pendidikan, Plan, Do, Check, Action iv ABSTRACT Management is a science/art that contains planning, organizing, actuating, and controlling activities. Curriculum management is an activity that includes planning, implementing, and evaluating curriculum. The purpose of this research is to find out how the Management of Education Quality at Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung. This research is a descriptive qualitative research, which emphasizes the quality or quality of a research, which refers to the theory. The research design is qualitative descriptive in nature, so the focus of the research aims at the Quality Management of Education at Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung, using data collection methods by way of interviews, observation and documentation. The results of research on the Management of Education Quality Management at Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Bandar Lampung Plan, Do, Check, Action, (Plan, Plan, check, Adjust / Evaluate) as follows: 1) planning is so that it is not wrong in setting goals, the school determines what what will be needed for next year from the principal's annual work plan and to meet the needs of teachers, each subject teacher can immediately report what their needs and desires are when carrying out the learning process in the classroom with Education Quality Management so that they can helping them in teaching and for organizations in schools is also the same so that the goals desired by education are achieved by having quality quality education, by planning the learning process in advance starting with the teaching staff first. Then it is conveyed to students when learning is carried out. 2) the plan is so that there is no mistake in setting goals, the school determines what will be needed for next year from the school principal's annual work plan and to meet the needs of the teachers so each subject teacher can immediately report what are the needs and desires when they are carrying out the learning process in the classroom with Educational Quality Management so v that it can assist them in teaching and for organizations in schools it is also the same so that goals are achieved. 3) Examination in planning and education quality management plans at Mts Hasanuddin Bandar Lampung can run effectively and efficiently. The results found were regarding checking or researching the determination of whether implementation in the context of an education quality management plan of the school principal's work plan every year and to meet the needs of teachers, each subject teacher could immediately report what their needs and desires were when carrying out learning process. 4) Adjustment action if deemed necessary, then an analysis or evaluation of the planned learning process must be carried out. If it is going well, it will be increased again in the delivery of teaching staff to improve the quality of education at MTs Hasanudin Bandar Lampung. If indeed it has not gone as expected, an evaluation will be carried out on the learning process in the classroom by looking at the learning outcomes of students for about 1 year in the application of effective and efficient learning plans to improve the quality of education. Keywords: Educational Quality Management, Plan, Do, Check, Action

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 06:49
Last Modified: 23 May 2023 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28190

Actions (login required)

View Item View Item