IMPLEMENTASI BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENUNJANG PENYEMBUHAN KESEHATAN FISIK PASIEN (STUDI KASUS PASIEN RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ALIMUDDIN UMAR LIWA KABUPATEN LAMPUNG BARAT )

RINDA, YANTI (2023) IMPLEMENTASI BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENUNJANG PENYEMBUHAN KESEHATAN FISIK PASIEN (STUDI KASUS PASIEN RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ALIMUDDIN UMAR LIWA KABUPATEN LAMPUNG BARAT ). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RINDA YANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia akan mengalami dua kondisi yang berkaitan dengan rohani dan jasmani yaitu kondisi sehat dan kondisi sakit. Sehat bagi manusia terdapat dua kondisi yaitu sehat fisik dan sehat jiwa, yang dimaksud dengan sehat fisik ialah dimana kondisi jasmani seseorang dalam keadaan berfungsi dengan baik. Sedangkan, sehat rohani adalah dimana seseorang mengalami batin dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan seseorang untuk dapat menikmati kehidupan sehari-hari dan dapat menghargai orang lain di sekitar. Fisik dan psikis adalah kesatuan dalam eksistensi manusia yang menyangkut kesehatnnya juga dan saling berhubungan antara kesehatan fisik dan mental. Pemberian bimbingan rohani Islam merupakan unsur penting dalam penunjang penyembuhan baik fisik maupun jiwa manusia yang dikatakan sakit. Menyadari pentingnya peran bimbingan rohani Islam, maka seharusnya rumah sakit umum perlu memberikan dua bentuk pelayanan yaitu: pelayanan aspek fisik (perawatan dan pengobatan) dan pelayanan non fisik (spiritual). Sehingga perpaduan tersebut akan diperoleh hasil yang baik yaitu menolong dan membina manusia seutuhnya sesuai fitrahnya. Maka dari itu, perlu ada penelitian mengenai implementasi bimbingan rohani islam dalam menunjang penyembuhan kesehatan fisik pasien rawat inap bagian penyakit dalam di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Sifat penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif. Teknik penentuan sumber data menggunakan purposive sampling, berjumlah 11 sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini dibagi dalam tiga alur kegiatan, yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembimbing rohani di Rumah Sakit Umum Alimuddin Umar telah memiliki keseluruhan kriteria yaitu; taat kepada Allah, menguasai ajaran Islam yang diberikan kepada pasien, tawakkal, sabar dan memiliki retorika yang baik. Pembimbing rohani dalam melakukan bimbingan untuk pasien rawat inap bagian penyakit dalam, telah memperhatikan tahapan atau langkah-langkah agar bimbingan dapat berjalan dengan semestinya. Kata kunci: Bimbingan Rohani Islam, Kesehatan Fisik, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 03:43
Last Modified: 22 May 2023 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28183

Actions (login required)

View Item View Item