IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

INDRIAINI , POPI (2018) IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF (SKRIPSI)
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR Oleh POPI INDRIANI Dampak globalisasi memang banyak mengejutkan, pendidikan pada akhirnya terancam pada orientasi pasar. Tuntutan akan teknologi yang berkembang sangat pesat, menyebabkan pemerintah juga menjadi kewalahan dan akhirnya mengubah kurikulum pendidikan di Indonesia yang disesuaikan dengan tuntutan era globalisasi. Globalisasi pada akhirnya tidak bisa ditolak maupun dibatalkan, melainkan dihadapi. Dampak-dampak yang dibawanya perlu di analisis, agar tercipta kebijakan-kebijakan antisipatif yang bersifat strategis, seperti penciptaan pendidikan berbasis nilai-nilai budaya lokal dan nasional. Sehingga pendidikan dapat menjadi alat efektif yang berfungsi sebagai nilai dasar yang mampu menjadi filter bagi efek globalisasi yang mencakup banyak bidang kehidupan, mulai dari tata masyarakat, ekonomi, politik, sosial-budaya, hingga pendidikan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerajinan kain tapis Lampung dan Siger Lampung ke dalam pembelajaran matematika pada jenjang Sekolah Dasar. Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber diperoleh dari observasi, dokumentasi dan informan yang berkaitan dengan Kerajinan Kain Tapis dan Siger Lampung. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman wawancara, dokumentasi, dan pedoman observasi. Tehnik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan sumber data, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa motif tenun kain tapis Sanggar Rahayu terdiri dari motif geometri, manusia, binatang, dan motif tumbuh-tumbuhan, sedangkan Siger Lampung memiliki unsur matematika didalamnya yakni segitiga. Pembelajaran matematika berbasis budaya sangat dibutuhkan di sekolah khusunya pada jenjang Sekolah Dasar, karena tidak hanya untuk memahami konsep matematika tetapi peserta didik juga dikenalkan dan mencintai kebudayaan sejak dini. Kata Kunci: Kain Tapis, Siger Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item View Item