PERAN KTH (KELOMPOK TANI HUTAN) DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT ISLAM DESA PURWOREJO KECAMATAN PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

PUTRI, RAHAYU (2023) PERAN KTH (KELOMPOK TANI HUTAN) DALAM MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT ISLAM DESA PURWOREJO KECAMATAN PASIR SAKTI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Organisasi Kelompok tani hutan adalah organisasi yang mengurus lingkungan pesisir laut agar lestari dan terjaga ekosistemnya. Penjagaan lingkungan ini atas dasar kesadaran dan tanggung jawab bersama. Organisasi KTH di Desa Perworejo melalui program yang dibentuknya juga memiliki peran penting dalam upaya penjagaan serta pelestarian ekosistem. Dalam melaksanakan programnya, KTH melibatkan masyarakat setempat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan ekosistem. Keterlibatan masyarakat setempat dalam berbagai program KTH secara tidak langsung meningkatkan rasa solidaritas di Desa Purworejo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran program KTH dalam meningkatkan solidaritas sosial masyarakat Islam dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat program kelompok tani hutan dalam meningkatkan solidaritas masyarakat. Metode ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi lalu dilengkapi oleh data penunjang yang diperoleh dari buku dan jurnal. Data yang sudah didapat akan dinarasikan hingga terbentuk data tertulis bukan angka. Informan penelitian disini diambil dengan mengunakan teknik purposive sampling informan disini dibagi menjadi tiga, yaitu informan kunci yaitu ketua KTH, informan utama yaitu anggota KTH, informan tambahan yaitu masyarakat Desa Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program KTH seperti penanaman mangrove, pengembangan ekowisata, pembibitan mangrove serta melakukan penjagaan mangrove agar tidak di rambah dan tidak dirusak memberikan peranan penting dalam upaya meningkatkan solidaritas sosial masyarakat Desa Perworejo. Peningkatan solidaritas sosial masyarakat dirasakan dari adanya gotong royong. kerjasama dan koalisi pada saat melaksanakan program KTH. Faktor pendukung program KTH dalam meningkatkan solidaritas masyarakat Islam di Desa Perworejo yakni melalui faktor budaya, faktor agama, faktor lingkungan dan ikatan kekeluargaan antar masyarakat. Sedangkan faktor penghambat dalam upaya meningkatkan solidaritas melalui program KTH yaitu moderenisasi dan materialisme, kedua hal tersebut menyebabkan beberapa pola fikir masyarakat masyarakat menjadi egois dan idividualisme, mereka cenderung tidak memikirkan pentingnya kegiatan program ini bagi masyarakat desa purworejo. Kata Kunci : Kelompok Tani Hutan, Solidaritas Sosial dan Desa Purworejo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 03:11
Last Modified: 22 May 2023 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28179

Actions (login required)

View Item View Item