STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN DAARUL KHAIR KOTABUMI LAMPUNG UTARA

ARIS, AKBAR (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN DAARUL KHAIR KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIS AKBAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Melihat fenomena yang terjadi di era globalisasi saat ini, banyak masyarakat yang masih memandang pondok pesantren sebelah mata, karena mendengar kata pondok pesantren pasti akan terpikirkan oleh ilmu-ilmu agama saja, yang mayoritas hanya mempelajari ilmu�ilmu agama dari mengkaji kitab kuning (kitab klasik). Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pondok pesantren dengan mengenalkan dan memasarkan pondok bahwa pondok pesantren saat ini telah berbeda dengan pesantren zaman dahulu, dimana pondok pesantren saat ini banyak yang sudah lebih modern yang menggunakan fasilitas yang canggih sama seperti sekolah modern pada umumnya. Maka menjadi sangat penting memasarkan atau mengenalkan pondok pesantren daarul khair kepada masyarakat di era globalisasi saat ini. Dalam perjalanan waktu ke waktu kemudian pondok pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi perannya menjadi meluas yang ikut mendasari dalam mendorong transformasi sosial dan bangsa ke seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi pemasaran dalam merekrut santri baru di pondok pesantren daarul khair kotabumi lampung utara?. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pondok pesantren daarul khair terdapat 3 strategi pemasaran untuk merekrut santri baru yang telah dilakukan pada pondok pesantren daarul khair yaitu strategi pemasaran media luar (outdoor promotion) yang promosinya menggunakan media visual, kemudian strategi promosi menggunakan alumni santri dan pondok pesantren daarul khair melakukan promosi dengan menggunakan media sosial seperti yang telah berkembang pada saat ini sehingga menjadikan pelaksanaan rekrutmen menjadi lebih efekif dan efisien. Dengan menggunakan media sosial dapat mempermudah masyarakat dan calon santri untuk mengakses informasi pendaftaran yang dapat dilakukan secara online dan offline. Kata kunci : strategi pemasaran, rekrutmen, dan pondok pesantren. iii ABSTRACT Seeing the phenomena that occur in the current era of globalization, many people still look at Islamic boarding schools with one eye, because when they hear the word Islamic boarding schools, they will definitely think of religious sciences, the majority of whom only study religious sciences from studying the yellow book (classical book). ). Providing understanding to the public about Islamic boarding schools by introducing and marketing Islamic boarding schools that Islamic boarding schools today are different from the old Islamic boarding schools, where many Islamic boarding schools are now more modern and use the same sophisticated facilities as modern schools in general. So it becomes very important to market or introduce the Daarul Khair Islamic Boarding School to the public in the current era of globalization. Over time, Islamic boarding schools have not only played a role as an educational institution, but their role has expanded to become the basis for encouraging social and national transformation to all levels of society. This research focuses on how the marketing strategy is in recruiting new students at the Daarul Khair Islamic Boarding School, Kotabumi, North Lampung?. The research method used by the author is a qualitative research method with a descriptive approach through field research. This study uses interview data collection techniques, observation and documentation. The results of the research on the Daarul Khair Islamic boarding school are 3 marketing strategies to recruit new students that have been carried out at the Daarul Khair Islamic boarding school, namely the outdoor media marketing strategy which uses visual media, then the promotion strategy uses alumni students and the daarul khair Islamic boarding school does promotion using social media as it has developed at this time so as to make the implementation of recruitment more effective and efficient. Using social media can make it easier for the public and prospective students to access registration information which can be done online and offline.. Keywords: marketing strategy, recruitment, and Islamic boarding school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 03:04
Last Modified: 22 May 2023 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28177

Actions (login required)

View Item View Item