MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

WENI, ASMARA (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SMP AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK WENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen sarana dan prasarana yang ada di sekolah dilakukan dengan cara melakukan perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan atau penanggung jawaban. SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung merupakan sekolah swasta islam yang masih bertahan dan bersaing dengan sekolah swasta Islam lainnya yang memiliki predikat salah satu sekolah terbaik di Bandar Lampung. Sarana dan prasarana di SMP AlAzhar 3 Bandar Lampung sudah baik dan sudah sesuai dengan Permendiknas No. 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah, dalam pelaksaan manajemen sarana dan prasarana di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung juga terlihat baik, akan tetapi hal ini tidak memungkinkan masih terdapat kekurangan yang dalam hal ini adalah seperti dari hasil wawancara penelitian ini dengan mewawancarai kepala sekolah, Waka, dan guru atau tenaga pendidik, bahwa masih terdapat kekurangan dalam manajemen sarana dan prasarana di SMP Al-Azhar Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan fokus penelitian diatas maka penulis dapat menarik rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana kondisi sarana dan prasarana di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung? 2). Bagaimana manajemen sarana dan prasarana di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung? 3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam memanajemen sarana dan prasarana di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung? Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kondisi sarana dan prasarana pendidikan yang ada di SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung sudah baik dan memenuhi standar yang dinyatakan di dalam Permendiknas No. 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah. 2). Manajemen Sarana Prasarana di SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: a). Perencanaan, yang dilakukan dengan musyawarah dan mengadakan rapat bersama. b). Pengadaan, pengadaan yang dilakukan di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung sudah baik dan sudah terlaksana sesuai dengan kesepakatan bersama. c). Pemeliharaan atau penanggung jawaban sarana prasarana yang dilakukan oleh seluruh masyaraat sekolah dan dilakukan setiap hari dilakukan berdasarkan keadaan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah. Sarana dan Prasarana pembelajaran lebih banyak yang disimpan di gudang dari pada dibakar atau pun dibuang. Tetapi tidak menuntut kemungkinan untuk melakukan penghapusan guna mengurangi kapasitas di dalam gudang sehingga hasilnya dapat digunakan untuk iii operasional sekolah. 3). Faktor yang menjadi pendukung manajemen sarana dan prasrana dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu adanya kerjasama semua elemen masyarakat sekolah dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya dana dan pemeliharaan sarana prasarana sehingga membuat sarana prasarana yang sudah ada menjadi tidak terawat dan rusak. Kata kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana iv ABSTRACT Management of facilities and infrastructure in schools is carried out by planning, procuring and maintaining or being in charge. SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung is a private Islamic school that still survives and competes with other private Islamic schools which have the title of one of the best schools in Bandar Lampung. Facilities and infrastructure at SMP AlAzhar 3 Bandar Lampung are good and are in accordance with Permendiknas No. 24 of 2007 concerning School Facilities and Infrastructure Standards, in the implementation of management of facilities and infrastructure at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung also looks good, but this is not possible there are still deficiencies which in this case are like the results of this research interview by interviewing school principals, Waka, and teachers or educational staff, that there are still deficiencies in the management of facilities and infrastructure at SMP Al-Azhar Bandar Lampung. This study uses a type of qualitative research with data collection methods, namely observation, interviews and documentation. Based on the research focus above, the writer can draw the following problem formulation: 1). What is the condition of the facilities and infrastructure at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung? 2). How is the management of facilities and infrastructure at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung? 3). What are the supporting and inhibiting factors in managing facilities and infrastructure at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung? The results showed that: 1) The condition of educational facilities and infrastructure at SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung is good and meets the standards stated in Permendiknas No. 24 of 2007 concerning School Facilities and Infrastructure Standards. 2). Infrastructure management at SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung is carried out through three stages, namely: a). Planning, which is carried out by deliberation and holding joint meetings. b). Procurement, the procurement carried out at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung is good and has been carried out in accordance with the mutual agreement. c). Maintenance or responsibility for infrastructure facilities is carried out by the entire school community and is carried out every day based on the condition of the educational facilities and infrastructure in the school. More learning facilities and infrastructure are stored in warehouses rather than burned or thrown away. But it does not demand the possibility of carrying out write-offs to reduce capacity in the warehouse so that the results can be used for school operations. 3). The factors that support the management of facilities v and infrastructure in improving the quality of learning are the cooperation of all elements of the school community and the inhibiting factors are the lack of funds and maintenance of infrastructure so that the existing infrastructure becomes unkempt and damaged. Keywords: Management, Facilities and Infrastructure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2023 02:50
Last Modified: 22 May 2023 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28175

Actions (login required)

View Item View Item