GITA, NURMAYA SARI (2023) IMPLEMENTASI METODE FUN TEACHING BERBASIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV DI MIMUHAMMADIYAH TANGKITBATUNATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Metode fun teaching pada pembelajaran tematik sangat diperlukan dalam pembelajaran daring, metode yang menyenangkan dan kreatif sehingga peserta didik dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Begitupun dengan hasil belajar yang diperoleh peserta didik mencapai KKM yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pengimplementasian metode fun teaching berbasis pembelajaran daring pada pembelajaran tematik yang diterapkan di MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan data deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVA dan pendidik/wali kelas IVA di MI Muhammdiyah Tangkitbatu Natar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode fun teaching yang diterapakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVA di MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Penelitian tersebut memiliki dampak positif pada hasil belajar peserta didik di MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Kata Kunci: Metode Fun Teaching, Hasil Belajar iii ABSTRACT The fun teaching method in thematic learning is very much needed in online learning, a fun and creative method so that students can follow the teaching and learning process well. Likewise with the learning outcomes obtained by students reaching the specified KKM. The purpose of this study was to find out the learning outcomes of students in implementing the fun teaching method based on online learning in thematic learning applied at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Researchers used qualitative research with descriptive data. The subjects in this study were all fourth grade students at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. The objects in this study were all class IVA students and educators/homeroom teachers for class IVA at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that the use of the fun teaching method applied can improve the learning outcomes of class IVA students at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. This research had a positive impact on student learning outcomes at MI Muhammadiyah Tangkitbatu Natar. Keywords: Fun Teaching Method, Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:33 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:33 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28172 |
Actions (login required)
View Item |