EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTU MULTIMEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Aji, Herry Setiawan (2017) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG BERBANTU MULTIMEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu proses pembelajaran yang pasif, kurangnya keefektifan dari model pembelajaran yang dipakai oleh guru mengakibatkan siswa terlihat jenuh, dan kurang terlibat lebih mendalam saat proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran langsung yang dibantu dengan media yaitu multimedia animasi di dalam proses pembelajaran IPA. Model pembelajaran langsung berbantu multimedia animasi adalah alternatif yang dapat digunakan yang bertujuan membuat pengajaran menjadi lebih menyenangakan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Hasil belajar siswa dapat menjadi lebih baik jika proses pembelajaran dilakukan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektifitas Model Pembelajaran langsung Berbantu Multimedia Animasi Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MIN 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yang berjumlah 80 siswa. Kelas VA berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling yaitu untuk memilih kelas secara acak yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk memperoleh data menggunakan test berbentuk essay. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis Uji Normalitas data eksperimen diperoleh L0,05:40 = 0,140 dan Lhitung = 0,093 dan data kontrol diperoleh L0,05:40 = 0,140 dan Lhitung = 0,139 ini menunjukkan bahwa Lhitung < L0,05:40 , dan Ho di terima. Uji Homogenitas diperoleh x2 hitung < x2 0,05;2-1 sehingga H0 diterima artinya data berasal dari populasi homogen. Uji t diperoleh thitung = 9,266 dan t0,05:78 = 1,990, sehingga thitung > t0,05:78, dengan taraf signifikansi 5%, yang berakibat H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung berbantu multimedia animasi lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:55
Last Modified: 03 Jan 2018 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2817

Actions (login required)

View Item View Item